How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 1 year ago
Percepat Daya Metabolisme Anda Dengan Teknik Ini
Pernahkah anda bertanya-bertanya mengapa orang disebelahmu bisa memakan  cokelat dengan bebas dan tidak membuatnya menjadi gendut, tetapi anda  yang hanya makan sepotong cokelat saja bisa menambah berat badan anda  berkilo-kilo?
20 September 2017 18:51
Text by Webmaster

Hal ini sebenarnya berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh. Tentu kita semua sudah paham betul tentang hal tersebut, tetapi bagaimana maksudnya? Dan bagaimana cara kita memastikan bahwa metabolisme dalam tubuh kita bekerja dengan baik di tubuh kita, bukannya sebaliknya?


Secara simpelnya, metabolisme dalam tubuh kita bekerja seperti bahan bakar yang membuat mobil bisa berjalan. Metabolisme dalam tubuh bekerja sebagai obat dan juga proses dalam psikologikal yang berguna untuk menurunkan jumlah nutrisi.


Hal ini mempengaruhi jumlah pembakaran kalori dalam tubuh dan juga menumbuhkan energi pada tubuh kita. Semakin tinggi metabolisme dalam tubuh, semakin banyak cokelat yang bisa kita makan.


Kita semua mempergunakan energi yang kita memiliki dengan jumlah yang berbeda-beda. Hal ini lah yang memperjelas mengapa dua orang yang memakan makanan dengan jumlah yang sama dalam satu minggu, tetapi memiliki efek yang berbeda. Menurut seorang ahli nutrisi, Lola berry, seseorang dengan metabolisme yang lambat akan kesulitan dalam menurunkan berat badan dan juga tidak diperbolehkan memakan cokelat, roti, dan juga makanan cepat saji. Namun, orang yang memiliki metabolisme yang cepat, bisa memakan segala jenis makanan tersebut.


Disaat kita mendengar pembicaraan tentang metabolisme, tentu istilah Basal Metabolic Rate (BMR) akan selalu ada dalam perbincangan tersebut. BMR bekerja dalam menghitung jumlah energi yang dibutuhkan tubuh agar bisa bertahan.


Hal ini biasanya berkisar 50% sampai 80% dari total energi yang ada dalam tubuh kita. Untuk rata-rata kalori pria memiliki jumlah BMR sekitar 7100 kalori setiap harinya, artinya mereka bisa mengkonsumsi kalori dengan jumlah sekian sebelum berat badan mereka terpengaruhi oleh asupan kalori tersebut. Sedangkan wanita memiliki jumlah BMR sekitar 5900 kalori perharinya.


Penggunaan energi akan terus berlanjut, namun tingkatannya akan berbeda-beda setiap harinya. Tingkatan paling rendah biasanya terjadi pada pagi hari, dan hal ini lah yang menjadi alasan mengapa latihan sekitar 10 menit di pagi hari bisa membuat kerja metabolismemu membaik. Jika anda ingin menurunkan sampai beberapa kilo, anda pun ingin jumlah BMR anda meningkat, jawabannya adalah dengan meningkatnya volume otot pada tubuh anda.


Cari Tahu BMR Anda

Mengetahui dengan pasti jumlah BMR anda sangatlah penting jika anda benar-benar ingin menjaga berat badan anda. Anda perlu tahu jumlah kalori yang bisa anda konsumsi setiap harinya untuk menjaga berat badan anda. Anda bisa mengetahui BMR tersebut dengan menggunakan perhitungan BMR sebagai berikut.


Atau dengan menggunakan contoh-contoh berikut:

  • Wanita 65 + (9.6 x berat dalam kilogram) + (1.8 x tinggi dalam centimeter) (4.7 x umur dalam tahun) lalu hasilnya kalikan dengan 4.2
  • Pria 66 + (13.7 x berat dalam kilogram) + (5 x tinggi dalam centimeter) – (6.8 x umur dalam tahun) lalu hasilnya kalikan dengan 4.2
  • BMR anda bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti masalah hormon dan juga volume otot.
  • Disaat hormon kita bermasalah, metabolisme kita pun akan berubah secara signifikan. Thyroid yang tidak aktif bisa mengakibatkan metabolisme menjadi bermasalah dan bisa mengakibatkan penambahan berat badan. Jika anda menyadari bahwa bagian thyroid anda bermasalah, segeralah untuk menghubungi ahlinya.
  • Berry mengatakan bahwa meningkatkan volume otot berarti anda pun meningkatkan metabolisme. Dengan meningkatkan otot kita, berarti kita memaksa tubuh kita untuk menggunakan lebih banyak energi. Kita menggunakan energi tersebut untuk menggerakan otot bukanlah lemak.
  • Tipe makanan yang anda konsumsi pun bisa mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan      disaat pikiran tidak jernih pun bisa membuat metabolisme menjadi bermasalah. Protein pun meningkatkan BMR anda sebesar 30%, sedangkat karbohidrat sebesar 6% dan lemak sebesar 5%.
  • Jika anda memang memiliki masalah dengan kecepatan metabolisme dalam tubuh anda, anda bisa melakukan latihan berat untuk meningkatkan metabolisme tersebut. Berry pun mengatakan bahwa kunci dalam meningkatkan metabolisme dalam tubuh adalah dengan meningkatkan volume otot. Disaat kita kehilangan otot pada tubuh kita, otomatis kita pun akan kehilangan BMR kita. Latihan berat pun bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita untuk jangka waktu yang sangat panjang. Salah satu caranya adalah dengan melakukan latihan cardio dan latihan berat secara seimbang dan bersamaan.