Health Advice | HEALTH | 4 months ago
Piala Dunia FIFA 2018: Nasihat Kesehatan Untuk Para Penggemar Sepak Bola
Pada Piala Dunia FIFA 2018 ini, seorang ahli menetapkan beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh para pecinta sepak bola yang menonton pertandingan sepak bola di TV.
22 June 2018 12:47
Text by Astri Suciati

Piala Dunia 2018 telah dimulai dan kita melihat bagaimana tim sepak bola Rusia mengalahkan tim sepak bola Arab Saudi di laga perdana. Para penggemar sepak bola telah berdatangan untuk mendukung tim favorit mereka dan mengharapkan tim dan pemain favorit mereka membuat pertunjukan yang fenomenal. Piala Dunia bagaikan karnaval bagi para penggemar sepak bola saat mereka datang bersama keluarga dan teman-teman mereka serta menghibur tim dan pemain favorit mereka dengan mendukung mereka. Tapi, tahukah Anda bahwa permainan yang dekat di hati Anda ini dapat merusak jantung Anda yang sehat. Itu juga bisa memengaruhi kesehatan mental, fisik, dan emosional Anda. Ankita Ghag, ahli gizi klinis dari Vacchan Aarogya and InBody, memberi Anda tips kesehatan dan diet saat Anda menonton pertandingan favorit Anda.

Semua penggemar sepak bola berharap tim yang mereka dukung memenangkan Piala Dunia dan pemain yang mereka dukung menjadi yang paling bersinar di turnamen. Seringkali, dalam proses itu, para penggemar cenderung ekstrem. Sensasi, kegembiraan, kegelisahan, dan kecemasan dapat memengaruhi kesehatan seseorang. “Misalnya: Seseorang akan kecewa jika tim favorit mereka kalah atau tidak memenuhi syarat. Dalam proses itu, jika orang tersebut memiliki tekanan darah tinggi maka tensinya bisa naik. Jika seorang pasien jantung mengalami stres berlebih seperti itu, maka emosi seperti stres, kecemasan, dan kemarahan dapat menyebabkan serangan jantung. Seseorang dapat menderita stroke jantung juga. Jika ada yang menderita masalah kesehatan, mereka harus membawa obat-obatan mereka yang selalu tersedia kapanpun dibutuhkan, ”jelas Ankita.

Dia menambahkan, “Saat menonton pertandingan, seseorang dapat menderita kram otot karena duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lebih lama. Seseorang juga bisa mengalami dehidrasi. Hindari makan makanan dari luar saat Anda menonton pertandingan. Itu dapat menyebabkan keracunan makanan, keasaman, diare, sakit perut, muntah dan sebagainya. Saat menonton pertandingan, jika Anda memiliki kacamata pastikan Anda memakainya karena dapat menyaring mata Anda. Juga, penderita diabetes harus berhati-hati jika mereka akan menonton pertandingan di stadion atau di rumah. Kenakan alas kaki yang layak, hindari lantai yang licin, dan bawa obat-obatan. Seringkali, kita menyaksikan para penggemar berdebat tentang tim dan pemain favorit mereka, jadi kendalikan hal-hal dengan sportif dan hindari berkelahi.”

Ankita memberikan daftar makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari:

Konsumsilah: Popcorn, kacang panggang, buah-buahan kering, buah utuh segar, air kelapa dan jeruk nipis, buttermilk, minuman energi yang mengandung elektrolit, bubur kacang hijau, roti wrap dari gandum utuh dengan isi sayuran dan ayam. Jangan lupa minum banyak air.

Hindari: Makanan pedas, berminyak, junk food dan jangan makan berlebihan.