Training Tips | FITNESS | 3 weeks ago
Review 20FIT: 20 Menit Latihan Dengan EMS Setara 2 Jam Latihan Konvensional?
Sudah menjadi hal yang biasa jika orang-orang yang hidup di kota besar begitu sibuk dengan aktivitas mereka yang demikian padat hingga tak punya waktu khusus untuk berolahraga. Hal inilah yang menjadi salah satu ide awal lahirnya 20FIT.
25 October 2018 16:58
Text by Astri Suciati

Sudah menjadi hal yang biasa jika orang-orang yang hidup di kota besar begitu sibuk dengan aktivitas mereka yang demikian padat hingga tak punya waktu khusus untuk berolahraga. Hal inilah yang menjadi salah satu ide awal lahirnya 20FIT.

Bagi para gym goers tentunya nama 20FIT sudah tak asing lagi. Studio kebugaran yang dicetuskan oleh penyanyi Andien ini sudah memiliki cabang di mana-mana, bahkan hingga ke Kamboja. 20FIT adalah micro-gym pertama di Indonesia yang latihannya menggunakan teknologi Electro Muscle Stimulation (EMS) dan peralatan Miha Bodytec. Teknologi ini terbilang cukup baru di Indonesia, oleh karena itu 20FIT cukup sukses merambah pasar kebugaran, apalagi dengan metode latihan hanya selama 20 menit saja manfaatnya setara dengan 2 jam latihan biasa di gym. Siapa yang tidak tertarik? Tapi apakah klaim ini benar-benar efektif? Kami akan membahasnya lebih lanjut.

 

Latihan di 20FIT

Saat Anda memulai latihan di 20FIT, sebelumnya Anda akan diberikan baju dalaman hitam dari bahan stretch sesuai ukuran. Kemudian Anda akan mengenakan rompi hitam tebal, yang terhubung ke serangkaian kabel yang menjalar ke lengan, kaki, dan glutes. Sebuah kabel tebal menghubungkan rompi ke mesin Miha Bodytec, mesin latihan berteknologi Jerman yang sebentar-sebentar memberikan semburan listrik selama empat detik ke otot-otot individu. Lats, punggung bagian tengah, punggung bagian bawah, glutes, quads, biceps, pectorals, dan abs semuanya menerima muatan listrik langsung.

Teori di balik EMS ini sederhana: ketika listrik menstimulasi otot-otot Anda, Anda dapat lebih banyak mengerahkan kekuatan otot ke seluruh tubuh Anda untuk setiap repetisi gerakan.

Anda akan dipandu oleh seorang personal trainer untuk melakukan gerakan-gerakan latihan seperti kardio, plank, squats, lunges dan lain-lain. Melalui gerakan olahraga yang simpel dengan latihan selama 20 menit, metode ini diklaim bisa sebagai alat terapi, membentuk otot, dan juga menurunkan berat badan secara efektif dalam waktu yang lebih singkat.


 

Tentang Miha Bodytec dan EMS

Miha bodytec adalah sebuah inovasi di dunia kebugaran. Dengan teknologi EMS (Electro Muscle Stimulation) yang inovatif, metode ini adalah salah satu rahasia sukses terbaik selebriti dalam mencapai tubuh yang kencang dan berbentuk. Banyak atlet berkinerja tinggi juga menggunakan teknologi ini untuk melengkapi latihan biasa mereka dan untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan mereka dengan cepat. Jauh sebelumnya, Bruce Lee telah bermain-main dengan EMS dalam meningkatkan perkembangan ototnya, sementara Usain Bolt telah mengandalkan teknik Miha Bodytec selama beberapa tahun.

Perangkat Miha Bodytec memicu pertumbuhan otot melalui impuls elektronik yang dikirim ke tubuh yang memastikan dengan cara yang unik bahwa 90% dari serat otot diaktifkan sekaligus, menawarkan full-body workout dengan kontraksi sekitar 85 per detik. Tetapi daya tarik utamanya bagi banyak orang adalah kenyamanan menggunakannya.

Sekarang bahkan mereka yang kurang berdedikasi untuk berolahraga dapat meluangkan waktu, tanpa harus mengorbankan aspek lain dari kehidupan mereka yang mungkin mereka lewatkan. Dalam satu sesi 20 menit, tubuh Anda dapat membakar hingga rata-rata 500 kalori dan ini bahkan tidak memperhitungkan pembakaran kalori yang berlanjut hingga tiga hari setelah latihan selama istirahat. Plus jika menggunakannya tiap minggu, tingkat massa otot dan metabolisme seseorang akan mengalami peningkatan yang signifikan, membakar kelebihan lemak lebih banyak lagi. Dengan teknik yang cepat dan berintensitas tinggi, menghabiskan hari-hari untuk berolahraga di gym mungkin tidak lagi diperlukan.

 

Kesimpulan

Satu sesi latihan dengan EMS selama 20 menit di 20FIT mungkin tidak akan mengubah kehidupan latihan Anda. Tapi apa yang bisa dilakukan dengan baik oleh jenis latihan ini adalah dapat mendukung upaya nge-gym atau olahraga Anda yang lain dengan meningkatkan koneksi antara pikiran dan otot Anda. Jadi tidak masalah jika Anda masih tetap ingin berolahraga di gym disamping memanfaatkan latihan EMS ini, justru akan semakin memaksimalkan hasil yang ingin Anda capai.

Latihan dengan EMS juga berpotensi meningkatkan kemampuan Anda untuk “membakar” kelompok otot tertentu. Seringkali, pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu di balik meja dan gaya hidup yang tidak aktif menyebabkan otot yang kurang dimanfaatkan menjadi kurang responsif. Jika Anda bekerja di kantor dan tidak rutin berolahraga, ada peluang bahwa lats dan glutes Anda, otot yang memanjang saat duduk, tidak "aktif" sebagaimana seharusnya, yang dapat merugikan postur Anda. 20 menit latihan dengan EMS dapat membantu mengaktifkan otot-otot tersebut dan membangun kesadaran tubuh.

Latihan dengan EMS menyenangkan, dan ini adalah alat yang berharga dalam membantu Anda menemukan ketidakseimbangan otot. Tetapi itu bukanlah keajaiban yang dapat membangun otot atau membakar lemak dalam sekejap. Anda harus rutin menjalani sesi lain untuk terus mengeksplorasi ketidakseimbangan otot Anda. Pada dasarnya, ini adalah alat yang memungkinkan Anda menjelajahi tubuh Anda, menemukan kekurangan yang dapat Anda atasi dalam latihan Anda yang lain di gym.

 

Karena menggunakan perangkat berteknologi, tentu biaya latihan di 20FIT tidaklah murah. Namun biaya ini bervariasi tergantung berapa sesi dan masa berlakunya. Jika Anda tertarik untuk mencoba 1 sesi, Anda cukup mengeluarkan Rp 490.000 yang dapat digunakan di seluruh studio 20FIT dan berlaku 1 hari. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa kunjungi website 20FIT di https://20fit.co.id/