How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 2 months ago
Review Fitbit Versa: Smartwatch Dan Fitness Tracker Penuh Gaya
Fitbit Versa adalah smartwatch kedua besutan Fitbit, setelah Fitbit Ionic. Mulai diluncurkan di Indonesia pada awal bulan Juni 2018 lalu, merek smartwatch ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para penggiat kebugaran. 
12 September 2018 20:06
Text by Astri Suciati



Apa itu Fitbit Versa?

Fitbit Versa adalah smartwatch kedua besutan Fitbit, setelah Fitbit Ionic. Mulai diluncurkan di Indonesia pada awal bulan Juni 2018 lalu, merek smartwatch ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para penggiat kebugaran. Desain dan daya tahan baterainya yang luar biasa membuatnya menjadi pesaing sejati untuk smartwatch yang lebih mahal termasuk Apple Watch 3, tetapi tidak adanya built-in GPS di dalamnya adalah salah satu kekurangan dari jam tangan pintar ini.

Versa dapat membantu Anda melacak berbagai aktivitas, termasuk berlari, berenang, dan bersepeda, dan pelacakan siklus menstruasinya adalah fitur lain yang sangat menarik. Tidak seperti banyak jam tangan cerdas lainnya, ia juga cukup ringkas untuk terlihat pas pada pengguna dengan pergelangan tangan yang ramping atau kecil.

Namun, Fitbit perlu terus meningkatkan fitur cerdas dan dukungan aplikasinya agar benar-benar membuatnya menonjol.

 

Desain dan tampilan

Fitbit Versa memiliki tampilan yang ringkas, sederhana tapi menarik. Desain persegi agak membulat - atau disebut squircle - mungkin bukan selera semua orang, tetapi sebagian besar orang yang ragu akan dapat melupakan tentang desainnya hanya karena tampilannya yang ramping.

Tidak seperti beberapa smartwatch lainnya, Versa tidak akan terkesan mendominasi lengan Anda. Badan jam yang terbuat dari aluminium terlihat ramping, ringkas dan nyaman dipakai di pergelangan tangan Anda. Terlihat jauh lebih enak dipandang daripada pendahulunya Ionic yang memiliki desain kaku dan kekar. Berdasarkan tampilannya sendiri, Ionic cukup jelas terlihat sebagai perangkat yang berorientasi kebugaran. Sedangkan Versa, terasa jauh lebih disempurnakan dan lebih bergaya.

Dari jauh, Anda bisa dengan mudah keliru dengan Apple Watch. Perbedaan yang paling jelas adalah tombol fisik. Alih-alih tombol Digital Crown seperti yang dimiliki Apple Watch, Versa memiliki satu tombol utama di sepanjang tepi kirinya - untuk menghidupkan layar atau menavigasi mundur. Lalu ada dua tombol di sebelah kanannya, untuk memulai dengan cepat, jeda dan mengakhiri latihan Anda.

Kritik terbesar kami terhadap desainnya adalah menyangkut bingkai yang ada di layar Versa. Rasanya terlihat tebal. Hal ini sebagian dapat dikaitkan dengan kecerahan dan warna-warna cerah dari layar sentuh smartwatch ini. Kecerahannya mencapai 1000 nits, membuatnya mudah dibaca setiap saat, bahkan di bawah sinar matahari yang terang. Ini bukan layar yang selalu aktif, tetapi Anda dapat menghidupkannya dengan kibasan pergelangan tangan, menekan tombol sebelah kiri, atau ketukan dengan jari Anda.

Selain hitam, Versa juga tersedia dalam skema warna silver dan rose gold, dan ada berbagai gelang atau tali jam dari silikon, kulit, logam dan anyaman yang bisa dipilih.

 

Spesifikasi dan sensor

Berbeda dengan Ionic, Versa tidak memiliki GPS built-in. Ini artinya jika Anda ingin melacak rute lari Anda, Anda harus membawa serta ponsel Anda juga. Agak merepotkan memang, dan ini adalah salah satu alasan utama mengapa Versa jauh lebih murah daripada Ionic.

Namun, fitur lain yang dimiliki Versa yaitu kapasitas penyimpanan onboard yang cukup untuk menyimpan sekitar 300 musik favorit Anda, yang dapat Anda mainkan melalui sepasang headphone Bluetooth. Ini akan memungkinkan Anda untuk bebas dari penggunaan ponsel di gym, sehingga sangat membantu Anda untuk fokus pada latihan. Namun, untuk berlari, Anda dapat memutar musik melalui ponsel Anda, karena Anda mungkin harus membawanya jika Anda memerlukan GPS.

Versa juga tahan air hingga 50 meter, sehingga Anda dapat memakainya di kolam renang, dan Versa melakukan semua pelacakannya menggunakan 3-axis accelerometer, 3-axis gyroscope, monitor denyut jantung optik dan altimeter.

 

Fitur kebugaran

Beberapa olahraga utama seperti jogging, berenang, bersepeda, dan latihan lainnya sudah terdapat pada smartwacth Fitbit ini. Untuk melacak kegiatan lari Anda, cukup memilih tab running dari opsi Exercise dengan cara menggeser ke kiri dari layar awal, lalu ketuk “Go”.

Selama latihan, jam akan menampilkan pilihan vital Anda, yang akan berbeda tergantung pada latihan apa yang Anda lacak. Sebagai contoh, opsi yang sedang berjalan akan menampilkan jarak dan waktu, sedangkan opsi berenang akan menampilkan panjang dan meter berenang di sepanjang waktu, dan kemudian opsi latihan umum akan menunjukkan denyut jantung dan kalori yang terbakar.

Banyak variabel pelacakan lainnya juga dapat dilihat, seperti waktu dan waktu saat ini, dengan menggeser ke kiri atau ke kanan pada tampilan utama selama pelacakan latihan.

Setelah latihan selesai, Versa akan menampilkan ringkasan. Dalam sesi berlari misalnya, ringkasan latihan Versa memberi tahu Anda berapa denyut jantung maksimum dalam beats per minute (BPM), di samping rata-rata BPM Anda selama seluruh latihan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan latihan dan jarak tempuh.

 

Daya tahan baterai

Stamina Versa benar-benar menempatkan jam tangan pintar lainnya jauh di belakang. Fitbit mengatakan Anda dapat mengharapkan jam tangan ini untuk bertahan setidaknya empat hari dari satu kali pengisian baterai, tetapi hasil nyata menunjukkan bahwa itu adalah perkiraan sederhana.

Dalam pengujian, Versa terus melenggang melampaui empat hari. Ketika terhubung ke ponsel melalui Bluetooth, ia bertahan lima hari. Ketika tidak terhubung, ia berhasil bertahan enam hari. Terlebih lagi, jika Anda ingin memperpanjangnya lebih lama, Anda dapat mengatur kecerahan layar menjadi redup daripada otomatis atau terang.

Ini adalah angka-angka yang sangat mengesankan, yang cukup banyak menempatkan Versa sejajar dengan Fitbit Ionic. Bagaimanapun, sebagian besar jam tangan cerdas lainnya tidak ada yang mendekati ketangguhan daya tahan Fitbit Versa. Apple Watch, misalnya, perlu diisi setiap malam.

Versa juga dilengkapi dengan clip-in charger, dan pengisian daya hingga 100% memakan waktu sekitar dua jam.

 

Kesimpulan

Ada banyak hal yang dapat disukai dari Versa, mulai dari kemampuan pelacakan yang sangat banyak hingga desain apik dan daya tahan baterai yang luar biasa, tetapi Fitbit perlu meningkatkan kemampuan cerdas dan pilihan aplikasinya.

Walaupun fitur-fitur yang diberikan tidak setingkat dengan Fitbit Ionic, Versa mampu menghadirkan fitur standar jam pelacak kebugaran dengan desain yang bergaya. Yang membuatnya sangat istimewa adalah, Anda cukup mengeluarkan Rp 3,6 juta.

Harga ini lebih terjangkau dibanding Anda memilih Fitbit Ionic, karena secara keseluruhan, Versa sudah dapat menunjang aktivitas kebugaran Anda.

Jadi, Versa bukan sekadar teman olahraga, tetapi jam tangan pintar sehari-hari dengan fungsi kebugaran tambahan bagi mereka yang mencari fitur konektivitas smartphone dan juga sadar akan kesehatan.