Training Tips | FITNESS | 2 weeks ago
Review OneMed Electronic Hand Dynamometer EH-101: Alat Latihan Untuk Menguji Kekuatan Genggaman Tangan Dan Penyembuhan Cedera Otot
OneMed Electronic Hand Dynamometer yang stylish ini hadir sebagai alat latihan untuk kekuatan genggaman tangan. Alat ini adalah instrumen yang terjangkau untuk mengukur kekuatan isometrik maksimum otot tangan dan lengan bagian bawah, berguna untuk menguji kekuatan genggaman tangan Anda dan melacak perbaikan dengan latihan kekuatan dan selama rehabilitasi.
01 November 2018 17:24
Text by Astri Suciati

Pernahkah Anda mendengar kegunaan dari pengujian genggaman tangan sebagai indikator stres dan kelelahan? Alasannya adalah bahwa ketika tubuh Anda kelelahan akibat overtraining, kebiasaan buruk yang tidak sehat, stres sehari-hari, dll, sistem saraf pusat akan memanggil kembali kapasitas tubuh Anda untuk mengerahkan kekuatan. Menguji kekuatan genggaman adalah cara cepat, sederhana, dan aman untuk mendapatkan pengukuran obyektif dari kelelahan ini untuk membantu menyesuaikan latihan dan proses pemulihan Anda.

Juga banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kekuatan genggaman dan kematian atau beberapa penyakit kronis. Menariknya, kekuatan genggaman adalah prediktor kematian atau penyakit yang lebih baik daripada tekanan darah. Alat penguji genggaman dapat menjadi cara yang mudah dan murah untuk menilai kondisi kesehatan seseorang, dan juga membantu mengukur kemajuan kekuatan genggaman seseorang yang baik untuk kelangsungan hidup.

OneMed Electronic Hand Dynamometer yang stylish ini hadir sebagai alat latihan untuk kekuatan genggaman tangan. Alat ini adalah instrumen yang terjangkau untuk mengukur kekuatan isometrik maksimum otot tangan dan lengan bagian bawah, berguna untuk menguji kekuatan genggaman tangan Anda dan melacak perbaikan dengan latihan kekuatan dan selama rehabilitasi.

Dinamometer ini cocok untuk mereka yang terlibat dalam latihan kekuatan, atau peserta dalam olahraga di mana tangan digunakan untuk menangkap, melempar atau mengangkat seperti pesenam, pemain tenis dan pemanjat tebing. Kekuatan genggaman tangan juga merupakan indikator yang baik untuk kekuatan tubuh secara umum, dan biasanya digunakan dalam pengujian kebugaran. Muncul dengan kenop yang dapat diatur di tengah yang memungkinkan Anda menyesuaikan alat sesuai dengan ukuran tangan yang Anda pilih, dan inilah yang paling disukai para pengguna.

 Fitur OneMed Electronic Hand Dynamometer

  • Terbuat dari plastik berkualitas tinggi dan tahan lama, ringan dan mudah dibawa.
  • Secara otomatis menangkap kekuatan cengkeraman maksimum baik dalam kilogram dan pound (lb).
  • Mampu mengukur daya cengkeraman isometrik hingga 90 kg / 200 lb (sensitivitas 0,1 kg / 0,2 lb)
  • Ukuran pegangan yang dapat disesuaikan untuk memperhitungkan berbagai ukuran tangan.
  • Pembacaan LCD digital, dengan penilaian hasil yang muncul di layar berdasarkan usia dan jenis kelamin (petunjuk manualnya juga memiliki tabel hasil normal).
  • Menyimpan data dan hasil untuk pengambilan cepat dengan kapasitas hingga 19 pengguna.
  • Dikemas dalam wadah penyimpanan yang praktis dan mudah dibawa.
  • Dilengkapi dengan buku instruksi.
  • Membutuhkan 2x baterai AAA.

 

Penggunaan

Dinamometer ini sangat mudah digunakan. Untuk mengukur kekuatan genggaman, tekan "START". Kemudian tunggu alat ini untuk mengkalibrasi, seperti halnya dengan alat ukur digital lainnya. Kemudian Anda bisa mulai menekan dan mencengkeramnya. Saat Anda mencengkeram, alat ini akan melacak kekuatan maksimum yang Anda mampu kerahkan sehingga Anda dapat mencengkeram tanpa khawatir harus memperhatikan layar sepanjang waktu. Sangat sederhana. Ada beberapa fitur opsional yang canggih seperti memasukkan usia dan jenis kelamin Anda untuk mendapatkan indikator kekuatan relatif di layar. Fitur-fitur ini juga tidak sulit digunakan. Petunjuk manualnya cukup jelas. Alat ini dapat menyimpan hasil hingga 19 pengguna bersama dengan usia serta jenis kelamin mereka. Alat ini juga membandingkan seluruh uji coba untuk masing-masing pengguna dan kemudian menampilkan penurunan atau peningkatan secara bertahap dari catatan atau rekaman sebelumnya. Ini adalah alat yang sangat bagus untuk melacak kesehatan Anda.



Bahan

Meskipun terbuat dari plastik, tidak terkesan bahwa produk ini akan rusak dalam waktu dekat. Secara keseluruhan, rasanya cukup solid. Satu-satunya bagian perangkat yang kami pikir akan terlebih dulu mulai menunjukkan kerusakan dan aus mungkin adalah kenop di tengah yang memungkinkan perangkat ini menyesuaikan dengan berbagai pilihan dan ukuran tangan yang berbeda. Kenop ini sedikit goyang, tapi tidak ada yang serius. Anda dapat berharap perangkat ini awet untuk waktu yang cukup lama, asalkan Anda tidak menjatuhkannya dari ketinggian lebih dari beberapa kali.

 

Hasil

Jika Anda telah menguji genggaman Anda setiap hari selama satu bulan, Anda akan menemukan bahwa benar jika kekuatan genggaman sangat berkorelasi dengan tingkat kelelahan. Jika Anda aktif berolahraga, setelah hari latihan yang berat, Anda dapat melihat penurunan kekuatan genggaman. Beberapa hari berturut-turut dalam kondisi ini dan Anda benar-benar bisa melihat kekuatan genggaman Anda melemah. Namun setelah satu atau dua hari istirahat, Anda akan melihat pemulihan dalam kekuatan genggaman tangan Anda.

Tentu saja, dinamometer ini juga berguna untuk memberi Anda gambaran kekuatan genggaman relatif Anda dari waktu ke waktu. Berikut adalah beberapa angka menarik yang kami ambil dari OneMed tentang hasil pengukuran genggaman relatif rata-rata individu berdasarkan jenis kelamin:


Kapasitas maksimum alat ini adalah 90 kg. Seperti yang Anda lihat, ini lebih dari cukup untuk sebagian besar kekuatan manusia. Jika Anda berhasil melebihi kapasitas dinamometer ini, Anda benar-benar melebihi kekuatan manusia normal dan patut berbangga!

 

Kesimpulan

Harga dinamometer tangan ini sangat terjangkau. Ini adalah jenis produk yang biasanya Anda lihat dipasarkan di industri medis, olahraga di perguruan tinggi, akademisi, dll dan dengan demikian harganya seringkali terlalu mahal. Tentu saja, dinamometer kelas industri kemungkinan jauh lebih akurat tetapi Anda tidak harus memerlukan ketepatan luar biasa agar alat ini bermanfaat. Yang penting adalah bagaimana Anda membandingkan diri Anda dari hari ke hari dan ini lebih dari cukup untuk tujuan tersebut.

Dengan harga Rp 149.000 Anda sudah bisa memiliki OneMed Electronic Hand Dynamometer, yang dapat Anda peroleh secara resmi di toko-toko Medicom-OneMed yang berlokasi di Surabaya, Jember, Malang dan Sidoarjo. Namun bagi Anda yang berada di kota lain, Anda bisa mendapatkan produk ini secara online melalui situs Medicom di https://medicom.co.id/collections/dynamometer/products/electronic-hand-dynamometer-eh-101-onemed