Wellbeing | WELLBEING | 1 week ago
Review Philips Actiwatch 2: Jam Tangan Aktigrafi Untuk Memonitor Aktivitas Tidur
Kelompok perangkat Philips Actiwatch dirancang untuk membantu Anda lebih memahami aktivitas harian dan pola tidur / bangun dalam merespon terapi pengobatan untuk masalah gangguan tidur. Hemat biaya dan obyektif, setiap perangkat dibuat agar menjadi produk yang kokoh, nyaman, dan tahan air. 
28 November 2018 16:39
Text by Astri Suciati

Philips Actiwatch 2 adalah alat pencatat data berbasis aktigrafi yang berukuran kecil namun kokoh, yang mencatat pengukuran aktivitas motorik kasar yang terintegrasi secara digital. Setiap model Actiwatch dilengkapi dengan accelerometer yang sangat sensitif serta kemampuan untuk merekam saluran data tambahan. Actiwatch 2 menggunakan prinsip-prinsip aktigrafi untuk menyediakan variabilitas jadwal tidur, statistik kuantitas dan kualitas tidur serta pola aktivitas siang hari sehingga Anda dapat mengidentifikasi opsi terapeutik dengan lebih baik dan memahami respon terhadap pengobatan atau terapi. Actiwatch 2 memberikan data obyektif tentang pola tidur / bangun dengan kenyamanan dan estetika jam tangan standar.

Selain perekaman aktivitas tidur / bangun, Actiwatch 2 memiliki kemampuan untuk merekam informasi tentang jumlah dan durasi penerangan cahaya putih di sekitar Anda, dalam satuan lux. Actiwatch 2 juga memiliki desain yang nyaman untuk meningkatkan kesesuaian penampilan Anda, kapasitas penyimpanan 1 MBit yang besar, baterai yang dapat diisi ulang, casing tahan air dan kemampuan untuk digunakan dengan gelang rumah sakit. Komunikasi ke Actiwatch 2 diperoleh melalui koneksi USB ke communications dock Actiwatch 2 yang ringkas. Fitur-fitur inilah di antaranya yang membuat produk Actiwatch lebih mudah untuk menerapkan aktigrafi dari sebelumnya.

 

Fitur aktigrafi umum

Tingkat aktivitas diakui sebagai indikator berharga untuk masalah medis dan dapat memberikan jawaban atas banyak pertanyaan penelitian. Tingkat aktivitas berkorelasi dengan pola tidur / bangun, tingkat rasa sakit, suasana hati, pengeluaran energi, kelelahan / kewaspadaan dan parameter kuantitatif lainnya. Actiwatch juga memberikan catatan objektif untuk melacak dan mendokumentasikan pola tidur / bangun normal dan abnormal.

Dua contoh penggunaan Actiwatch adalah:

- Pola Tidur / Bangun

- Tingkat Aktivitas Umum

Pencatatan aktivitas di pergelangan tangan yang terintegrasi secara digital ini adalah indikator yang dapat diandalkan untuk kondisi tidur / bangun. Actiwatch adalah perangkat aktigrafi yang seukuran jam tangan standar. Hal ini memungkinkan pencatatan gerakan terkecil selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Saat dikenakan di pergelangan tangan, Actiwatch dapat menghasilkan rekaman aktivitas seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk digunakan sebagai sarana dokumentasi:

- Pola tidur / bangun

- Gangguan tidur

- Gangguan ritme sirkadian

- Gangguan yang disebabkan oleh pergeseran waktu kerja yang ditampilkan dalam impedansi real time

- Tingkat aktivitas dasar

- Kepatuhan dengan rutinitas latihan olahraga


 

Perangkat lunak Actiware

Software Actiware adalah paket perangkat lunak pendukung yang fleksibel dan efektif yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengkonfigurasi dan mengambil data yang direkam dari semua model produk Actiwatch disamping manajemen, analisis dan export data. Actiware menampilkan aktivitas, pencahayaan, dan kejadian yang ditandai dalam format Actogram yang mudah dibaca, memungkinkan pola tidur / bangun jangka panjang untuk diidentifikasi dengan mudah. Actiware juga dapat mengukur statistik tidur penting seperti Sleep Time, Sleep Efficiency, dan Wake After Sleep Onset berdasarkan interval istirahat yang ditentukan pengguna atau yang ditentukan secara otomatis. Actiware dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang mudah digunakan yang secara otomatis menampilkan waktu off-wrist (saat alat tidak dipakai), informasi penyinaran untuk tiga garis warna cahaya, serta deteksi otomatis interval istirahat mayor dan minor yang membuat analisis data aktivitas untuk tidur lebih mudah dari sebelumnya.


 

Untuk Anda yang memiliki masalah tidur yang sangat mengganggu, selain berkonsultasi dengan ahli terapi gangguan tidur, Anda juga dapat memiliki produk Actiwatch 2 ini untuk mendukung terapi dan kesembuhan Anda. Harganya memang sangat mahal bila dibandingkan dengan wearable gadget pada umumnya. Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan produk ini, yaitu di kisaran harga Rp 27 juta, Anda akan memperoleh Starter Kit Actiwatch 2 yang termasuk:

- Actiwatch 2 Device

- Actiware Software Package

- Communication Dock System

- Watchband Kit

- Manual

Lebih lanjut mengenai produk ini Anda dapat mengunjungi website Philips Indonesia dan menghubungi mereka di https://www.philips.co.id/healthcare/product/HC1044809/actiwatch-2-activity-monitor/