Training Tips | FITNESS | 2 months ago
Sambo: Olahraga Khas Rusia Di Asian Games 2018
Perkenalkan, satu lagi cabang olahraga yang baru dipertandingkan di Asian Games 2018: Sambo, olahraga tempur khas Rusia.
31 August 2018 16:17
Text by Astri Suciati

Sambo adalah seni bela diri dan olahraga tempur yang dikembangkan dan digunakan oleh Tentara Merah Soviet pada awal tahun 1920 untuk meningkatkan kemampuan tempur tangan kosong mereka.

Olahraga ini mirip dalam banyak hal dengan judo dan jujitsu tetapi juga menggabungkan berbagai jenis gulat dan berbagai sistem pertahanan diri. Nama "SAMBO" berasal dari akronim Rusia SAMozashchita Bez Oruzhiya, yang secara harfiah berarti "membela diri tanpa senjata".

Ahli seni bela diri Soviet, Vasili Oshchepkov, dikenal sebagai salah satu bapak pendiri sambo. Dia belajar di Institut Judo Kodokan di Tokyo, yang didirikan oleh Jigoro Kano, dan akhirnya menjadi orang Rusia pertama yang menerima Dan kedua dalam olahraga ini. Hal ini membuat dia mengembangkan teknik-teknik pertahanan diri sambo yang dikembangkan dan dimanfaatkan oleh Tentara Merah Soviet dan dinas intelijen.

Sambo diakui sebagai olahraga resmi oleh USSR All-Union Sports Committee pada tahun 1938. Lima puluh tahun setelah diperkenalkan, Federasi Sambo Internasional (FIAS) secara resmi terdaftar dan memiliki hak tunggal untuk mempromosikan dan mengembangkan sambo di seluruh dunia dan menggelar acara resmi.

Ini juga merupakan misi untuk diakui oleh Komite Olimpiade Internasional dengan menyelaraskan organisasi acara dan manajemen harian dengan Gerakan Olimpiade dan dengan mengikuti Agenda Olimpiade 2020.

 

Bidang disiplin sambo

Tiga bidang disiplin sambo yaitu Sport Sambo, Combat Sambo dan Beach Sambo.

 

Sport Sambo

Sport Sambo mirip dengan judo, tetapi dengan beberapa variasi dalam aturan, protokol dan seragam. Aturan kompetisi memungkinkan semua jenis kuncian kaki, menjatuhkan lawan dan pertahanan sangat penting untuk menang.


 

Combat Sambo

Combat Sambo menyerupai seni bela diri campuran modern, termasuk berbagai bentuk serangan dan bergulat, dan hanya untuk pria.

Pukulan, tendangan, menyikut, menyodok dengan lutut, menyundul, dan menyerang pangkal paha semua diperbolehkan.

Peserta pertandingan mengenakan pakaian seperti di Sport Sambo, tetapi juga mengenakan pelindung tangan dan kadang-kadang pelindung tulang kering dan pelindung kepala.


 

Beach Sambo

Beach Sambo sedikit berbeda dari bentuk tradisional olahraga ini.

Aturan-aturannya dimodifikasi dalam pertarungan yang berlangsung tiga menit, tanpa penalti dan gulat, dan sampai gerakan yang dinilai pertama. Seragam untuk atlet dan wasit juga dimodifikasi.

Kompetisi ini pernah dipertandingkan di Asian Beach Games 2016 di kota Danang, Vietnam.


 

Karakteristik sambo

Sambo dikenal karena tiga hal: menjatuhkan lawan dengan menggabungkan manuver gulat dan judo, keterampilan kontrol di tanah, dan kuncian kaki. Tergantung pada bidang disiplin sambo, menyerang juga dapat ditunjukkan, seperti dalam kasus Combat Sambo. Namun, ini adalah seni bergulat yang terutama berfokus pada menjatuhkan dan menaklukkan lawan.

 

Sasaran sambo

Sasaran sambo cenderung bervariasi tergantung pada bidang disiplin. Namun, sambo mengajarkan para pelakunya cara mengakhiri pertarungan dengan cepat. Ini sering dilakukan dengan membanting lawan ke tanah dan melumpuhkan lawan dengan penguncian atau serangan cepat (terutama dalam bidang disiplin combat sambo).