Wellbeing | WELLBEING | 1 year ago
Sebab Dan Cara Mencegah “Ngorok”
KEBIASAAN MENDENGKUR ATAU NGOROK SAAT TIDUR AKAN SANGAT MENGGANGGU TEMAN ATAU PASANGAN YANG TIDUR BERSAMA ANDA.
20 October 2017 09:26
Text by Webmaster

Mungkin tidak jarang mereka terbangun tengah malam dan sulit untuk tidur kembali karena suara dengkuran Anda yang sangat menggangu.

Selain mengganggu teman tidur, kebiasaan mendengkur yang dibiarkan terjadi secara terus-menerus juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan lho! Yuk ubah kebiasaan mendengkur Anda dengan mengetahui dan meninggalkan faktor-faktor penyebab mendengkur itu!


KELEBIHAN BERAT BADAN

Semakin bertambah berat badan, semakin besar pula potensi untuk mendengkur. Pasalnya orang gemuk memiliki lipatan lemak pada bagian leher yang akhirnya berakibat pada penyempitan diameter tenggorokan dan menghalangi aliran udara pada bagian tersebut. Untuk menghentikan kebiasaan mendengkur, mulailah melakukan program-program untuk penurunan berat badan.


POSISI TIDUR YANG SALAH

Tidur dengan posisi telentang dapat menjadi salah satu faktor penyebab mendengkur atau tidur ngorok. Saat tidur telentang, lidah akan sedikit masuk ke dinding bagian belakang tenggorokan sehingga menyebabkan saluran udara sedikit tersumbat dan mengakibatkan munculnya getaran dan bunyi dengkuran.

Hal yang sama berlaku juga pada posisi tengkurap. Tidur dengan posisi tengkurap akan membuat perut dan leher menjadi tertekan dan membuat udara sulit mengalir. Sebaiknya, ubah posisi tidurmu menjadi posisi miring, khususnya miring ke sebelah kanan. Posisi tidur miring ke kanan ini juga akan sangat baik untuk melancarkan pernafasan dan kesehatan jantung.


KURANG ISTIRAHAT

Anda sering lembur bekerja sehingga waktu istirahat jadi berkurang? Itu mungkin menjadi salah satu penyebab Anda tidur mendengkur. Hal tersebut karena saat tidur dalam keadaan yang terlalu lelah, otot tubuh tidak akan bekerja secara maksimal sehingga menimbulkan suara dengkuran. Maka dari itu, imbangilah antara aktivitas harian yang Anda lakukan dengan istirahat yang cukup.


KONSUMSI ALKOHOL DAN OBAT-OBATAN

Konsumsi alkohol dan obat-obatan dalam jangka panjang juga menjadi salah satu penyebab terjadinya dengkuran saat tidur. Alkohol dan obat, terutama obat penenang, akan meningatkan rileksasi tidak sehat yang membuat otot dan saraf pada bagian belakang tenggorokan berada dalam keadaan rileks sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Hal inilah yang kemudian memicu suara dengkuran saat Anda tidur.

Oleh karena itu, mulailah untuk menghentikan konsumsi alkohol dan obat, terutama sebelum tidur. Jika Anda terpaksa harus mengkonsumsi obat, berilah jeda antara waktu Anda mengkonsumsinya dengan waktu tidur sekitar 3-4 jam.


MEROKOK

Merokok dapat menimbulkan iritasi pada selaput lendir saluran pernapasan yang kemudian akan menimbulkan pembengkakan pada bagian tersebut dan meningkatkan produksi lendir. Produksi lendir yang berlebihan akan menyumbat saluran pernapasan dan pada akhirnya menimbulkan suara dengkuran. Jadi berhentilah merokok jika Anda tidak ingin tidur sambil mendengkur!

Selain itu, Masdeef masih punya dua cara lainnya nih supaya Anda bisa tidur tanpa mendengkur lagi…


MANDI AIR HANGAT

Saat tubuh Anda dalam kondisi yang tidak fit ataupun terlalu lelah, proses pertukaran udara pada saluran pernapasan pun akan sedikit terhambat. Mandi dengan menggunakan air hangat akan membantu melancarkan saluran pernapasan dalam kondisi tersebut.


BERLATIH YOGA

Latihan yoga secara rutin bisa mengurangi intensitas dengkuran, bahkan menyembuhkannya. Berikut beberapa jenis latihan yoga yang dapat menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur, seperti dilansir oleh laman Boldsky.

– Pranayama: Cara melakukan latihan yoga Pranayama adalah dengan mengambil posisi duduk di atas matras dengan punggung yang tegak. Ambil napas dalam-dalam hingga para-paru terisi penuh oleh udara, lalu tahan selama beberapa detik dan hembuskan. Selain menghentikan kebiasaan mendengkur, jenis yoga ini juga bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan lho!

– Brahmari: Latihan ini dilakukan dengan pernapasan melalui perut. Caranya, bernapaslah menggunakan tenaga perut, tahan selama beberapa detik, lalu hembuskan sembari mengeluarkan suara seperti dengungan lebah. Jenis latihan yoga Brahmari dikenal juga dengan sebutan Humming Bee Breath.

 Ujjayi Pranayama: Ujjayi Pranayama merupakan latihan yoga dengan metode pernapasan menggunakan satu lubang hidung. Pertama-tama, ambil napas dalam-dalam melalui satu lubang hidung dan tahan selama beberapa detik. Setelah itu, hembuskan dengan tenaga penuh melalui lubang hidung lainnya. Latihan ini berfungsi untuk membersihkan lubang hidung sehingga dapat membantu menghentikan dengkuran saat tidur.

Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh Anda para pendengkur. Tidak sulit bukan? Selamat mencoba!

Source: Detik.com