How To Beauty | BEAUTY | 9 months ago
Segala Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tren Kecantikan Diet Skin Care Dari Korea
Masih seputar K-beauty. Diet yang menjadi tren di Korea Selatan selama enam bulan terakhir ini tidak ada hubungannya dengan mengurangi gluten, gula, atau produk susu. Faktanya, ini bahkan tidak melibatkan makanan. Sebaliknya, "Diet Skin Care" pada dasarnya adalah perawatan kulit anti rutinitas 10 langkah yang telah ada sebelumnya. Ini menghilangkan ciri khas K-beauty dengan berfokus pada rejimen perawatan kulit yang ringkas yang hanya terdiri dari dua atau tiga langkah.
11 December 2018 17:25
Text by Astri Suciati

Diet yang menjadi tren di Korea Selatan selama enam bulan terakhir ini tidak ada hubungannya dengan mengurangi gluten, gula, atau produk susu. Faktanya, ini bahkan tidak melibatkan makanan. Sebaliknya, "Diet Skin Care" pada dasarnya adalah perawatan kulit anti rutinitas 10 langkah yang telah ada sebelumnya. Ini menghilangkan ciri khas K-beauty dengan berfokus pada rejimen perawatan kulit yang ringkas yang hanya terdiri dari dua atau tiga langkah.

Kecantikan wanita Korea telah lama dikenal dan didefinisikan oleh rejimen perawatan kulit yang kompleks. Pembersihan ganda, toning, masker, perawatan, dan banyak lagi, rutinitas khas Korea yang mencakup 10 langkah dan produk yang berbeda-beda. Namun tren K-beauty terbaru saat ini adalah apa yang disebut dengan “diet skin care” - pada dasarnya adalah kebalikan dari perawatan kecantikan yang kompleks, yaitu daripada menggunakan beragam produk yang memiliki berbagai fungsi, diet skin care adalah pendekatan minimalis yang hanya mencakup pembersih, tabir surya, dan pelembab. Ya, hanya tiga langkah itu saja.

Tujuan dari diet skin care yang sederhana ini adalah meminimalkan paparan berbagai produk dan bahan-bahan kimia untuk membantu mengurangi sensitivitas kulit. Ini adalah teknik yang efektif, kata Emily Arch, MD, seorang dermatolog di Dermatology + Aesthetics of Wicker Park di Chicago. "Mengadopsi jenis perawatan kulit yang benar-benar mendasar ini dapat menjadi cara yang baik untuk mengembalikan kulit Anda ke kondisi netral," katanya. Hal ini terutama berlaku jika Anda pernah menggunakan produk-produk anti jerawat atau anti penuaan dan kulit Anda mulai bermasalah. "Banyak orang berpikir 'lebih banyak produk lebih baik' ketika mengalami masalah kulit semacam ini dan menggunakan terlalu banyak produk yang melakukan fungsi yang sama," tambah Dr. Arch. Anda berakhir dengan “over dosis” bahan aktif, yang dapat memperburuk masalah kulit sebenarnya yang Anda coba obati. Bukankah itu ironis?

Di situlah penyederhanaan yang serius dapat membantu. Meminimalkan jumlah produk dan bahan-bahan yang digunakan di dalamnya dapat membantu kondisi kulit Anda menjadi normal dan akhirnya membuatnya mampu lebih baik menerima produk yang lebih manjur yang Anda tambahkan kembali nanti. Syaratnya, Anda harus memilih ketiga produk Anda dengan bijak. Mereka harus mendasar dan sesederhana mungkin. Itu berarti pembersih yang lembut dan bebas sabun, pelembab, SPF berbahan dasar mineral (untuk siang hari), dan pelembap non-komedogenik (untuk malam hari), yang semuanya harus bebas pewangi dan pewarna, saran Arch. Hal yang juga penting: Tetaplah berpegang pada 'diet skin care' ini setidaknya selama enam minggu agar kulit Anda memiliki cukup waktu untuk disetel ulang sepenuhnya.

Seperti halnya diet apapun, pada akhirnya Anda akan ingin atau perlu menggunakan kembali produk lain. Sama seperti yang Anda lakukan dengan diet yang menghilangkan jenis makanan tertentu, perlahan tambahkan satu produk pada satu waktu sehingga Anda dapat mengukur dengan tepat bagaimana kulit Anda bereaksi dan menentukan potensi iritasi. Gabungkan satu bahan aktif baru, seperti retinol atau alpha hydroxy acid, gunakan selama setidaknya satu minggu, dan pantau dengan cermat bagaimana kulit Anda bereaksi, saran Dr. Arch. (Meskipun Anda mungkin segera melihat sedikit iritasi, tapi itu seharusnya cepat menghilang.)

Akhir kata, pada dasarnya Anda dapat mempertimbangkan diet tiga langkah ini sebagai versi perawatan kulit ala pembersihan tubuh dengan jus: Ini efektif sebagai detoksifikasi dan reset yang cepat, tetapi untuk mencapai sebagian besar tujuan perawatan kulit Anda, pada akhirnya Anda perlu menambahkan kembali beberapa produk.