Health Advice | HEALTH | 8 months ago
Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Detoks Dengan Activated Charcoal
Ada banyak tren detoks yang digandrungi selama bertahun-tahun, tapi minum arang mungkin ada di daftar teratas saat ini.
08 March 2018 18:28
Text by Astri Suciati

Sementara sebagian besar dari kita menyamakan arang dengan bahan bakar panggangan, sekarang saatnya membuat arang menjadi minuman detoks yang trendi, dan masuk ke rak toko makanan kesehatan sebagai tablet arang - dan banyak orang mengakui manfaatnya.

Arang aktif atau activated charcoal ini dibuat dengan membakar sumber karbon (kayu, puing-puing, tempurung kelapa) pada suhu tinggi, yang menghilangkan oksigen dan menciptakan pori-pori yang dalam, membuatnya sangat menyerap. Para penggemarnya mengklaim bahwa arang aktif pada dasarnya menjadi magnet alami untuk racun di saluran pencernaan Anda (seperti pestisida, dioksin pada ikan dari perairan yang terkontaminasi, dan bahkan neurotoksin dari menghirup udara lembab yang berjamur).

Menariknya, arang aktif sebenarnya bukanlah hal baru. Ini digunakan di ruang gawat darurat sebagai penyelamat bagi pasien yang keracunan atau yang kelebihan dosis obat. Arang ini juga mulai muncul dalam produk kecantikan seperti masker charcoal dan pembersih wajah. Bahkan sudah sejak lama kita mengenal minuman yang dicampur arang seperti kopi joss yang terkenal di Yogyakarta, yaitu kopi yang disajikan dengan cara memasukkan arang yang masih dalam kondisi membara ke dalam kopi.

Baru-baru ini, beberapa merek jus telah menambahkan arang aktif ke dalam jus lemon, air dan pemanis (atau campuran jus lainnya) untuk menciptakan minuman yang mereka klaim dapat melakukan segala hal mulai dari detoksifikasi secara umum, meningkatkan metabolisme hingga menyembuhkan mabuk.

Walaupun penelitian medis yang dilakukan terhadap manfaat mengonsumsi arang aktif sebenarnya sangat sedikit, namun daftar panjang manfaat mengonsumsinya diduga meliputi: membantu detoksifikasi tubuh dari makanan olahan dan polusi lingkungan, mengurangi masalah pencernaan seperti gas dan kembung, membersihkan tubuh Anda dari bau mulut, bau badan, dan penyakit kulit, serta memiliki sifat anti penuaan. Banyak orang juga menyatakan arang aktif sebagai obat mabuk.

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa rasanya. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencobanya sendiri dalam jumlah yang berbeda dan melihat bagaimana hal itu mempengaruhi tubuh Anda. Selalu periksa dengan dokter Anda sebelum mencoba sesuatu yang baru. Mari kita bahas satu-persatu manfaat arang aktif yang diklaim oleh para penggemarnya ini.

 

Meringankan gangguan pencernaan, gas, dan kembung

Arang aktif melekat pada produk sampingan pencernaan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, yang kemudian dikeluarkan dari sistem tubuh Anda. Ini bisa bermanfaat bagi orang yang menderita diare.

 

Detoksifikasi yang ampuh

Arang aktif telah lama digunakan sebagai penyembuhan melawan keracunan dan overdosis obat. Untuk manfaat sehari-hari, ini dapat membantu membuang racun dari makanan olahan, alkohol, dan polusi lingkungan.

 

Meredakan penyakit kulit

Bila dioleskan secara topikal, arang aktif bisa meredakan peradangan dari gigitan serangga, tanaman beracun seperti poison ivy, dan masalah kulit lainnya. Banyak orang juga suka menggunakannya sebagai purifying facemask bila dicampur dengan air dan tanah liat (clay).

 

Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa arang aktif dapat menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan lipid dalam darah serta mencegah sklerosis. Namun banyak ilmuwan berpendapat bahwa manfaat ini belum dibuktikan dengan penelitian dan percaya bahwa pernyataan tersebut terlalu dibesar-besarkan. Selain itu, ada beberapa kontra yang harus dipertimbangkan:

 

Dapat berpengaruh terhadap obat-obatan

Karena arang aktif mengeluarkan zat-zat di dalam perut dan usus, itu dapat mengurangi berapa banyak obat yang diserap tubuh Anda.

 

Ini bukan obat untuk menyembuhkan segala penyakit

Bahkan dengan mempertimbangkan manfaatnya yang telah diketahui, arang aktif tidak bisa berfungsi sebagai penyembuhan singkat untuk makan berlebihan atau minum berlebihan.

 

Hal yang bagus untuk tetap berpikiran terbuka terhadap tren kesehatan baru dan bereksperimen dengan makanan, suplemen, dan produk yang berbeda. Apakah arang aktif kedengarannya menarik bagi Anda? Jika ya, carilah pengetahuan tentang fakta-faktanya dan cobalah mengonsumsinya untuk melihat apa yang Anda rasakan setelahnya. Tidak ada satu diet pun yang cocok untuk semua orang, dan lebih dari itu, diet yang sempurna untuk Anda dapat berubah tergantung pada musim, usia Anda, atau apa yang Anda rasakan pada periode tertentu.