How To Beauty | BEAUTY | 1 year ago
Senyum: Bagaimana Cara Menjaga Gigi Anda
Gigi anda adalah bagian yang sangat penting pada diri anda. Berikut beberapa cara untuk tetap menjaga gigi anda.
30 August 2017 14:00
Text by Astri Suciati

Gigi tidak hanya fungsional dalam penggunaanya; gigi pun merupakan salah satu bagian yang ada dalam penampilan anda. Pada dasarnya, penggunaan gigi adalah untuk mengunyah makan sehingga makanan tersebut siap untuk ditelan, namun disisi lain gigi yang bersih dan fresh bisa membuat anda mendapatkan kesan yang baik disaat bertemu orang lain.


Sebenarnya, hal ini tidak akan memakan usaha yang banyak untuk membuat gigi anda tetap bersih dan sehat, namun hal ini memakan waktu lebih banyak dari pada menyikatnya saja. Apabila anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengorek gigi anda dengan benang gigi atau floss atau untuk mengecek kondisi gigi anda ke dokter gigi paling tidak 2 kali setiap tahunnya, tentu anda tidak bisa mengharapkan gigi anda terlihat baik di depan banyak orang, bahkan akan mulai memburuk lebih cepat dari yang anda bayangkan.


Jangan lupa untuk membersihkan sela-sela gigi

Anda tentu tahu bahwa anda harus membersihkan sela-sela gigi, namun tentu pasti anda pun bertanya-tanya, apakah sepenting itu? Tentu saja penting.

Dr. Derek Lewis dari Australian Dental Association mengatakan bahwa menyikat gigi hanya membersihkan bekas makanan pada gigi anda, namun tidak pada sela-sela gigi dimana hal ini merupakan tugas dari floss atau benang gigi. Disaat noda tersebut menempel pada sela-sela gigi, anda tidak akan bisa melihatnya secara jelas dan anda tidak akan tahu akan noda tersebut sampai pada akhirnya akan menimbulkan rasa sakit pada gigi anda.


Plak adalah bakteri yang menempel pada bagian gigi atau gusi anda. Disaat anda memakan sesuatu, bakteri tersebut menggunakan gula dari makanan atau minuman yang anda konsumsi untuk memperbanyak plak pada gigi anda. Disaat anda selesai mengkonsumsi makanan, bakteri tersebut akan mengeluarkan asam yang akan menyeran enamel pada gigi anda. Jika anda tidak membersihkannya dengan menyikat gigi atau dengan floss, hal ini akan melemahkan enamel anda, dan menyebabkan kerusakan pada gigi anda.


Plak juga mengeuarkan zat yang bisa mengiritasi gusi anda, membuatnya jadi berwarna merah, lembut dan mudah berdarah. Setelah itu, gusi anda akan memberikan jarak dengan bagian gigi, lalu akan muncul nanah diantara kedua bagian tersebut. Jika bagian gusi tersebut tidak segera diobati, akan ada kemungkinan gigi anda putus atau harus dicabut. Gusi anda pun bisa menjadi surut atau yang biasa disebabkan karena penuaan.


Dr. Lewis mengatakan bahwa ada beberapa cara terbaik untuk melawan kerusakan pada gigi dan juga penyakit pada gusi:

  • Konsumsi makanan sehat dengan kadar gula yang rendah.
  • Kurangi makanan berasam, dan juga minuman seperti minuman soda dan jus.
  • Minumlah air berflorida
  • Sikat gigi dua kali sehari dan pastikan sikat gigi yang anda pakai memiliki permukaan yang lembut dan juga pasta gigi yang mengandung florida.
  • Bersihkan sela-sela gigi anda dengan floss.
  • Cobalah untuk selalu mengecek gigi anda ke dokter setiap 6-12 bulan sekali.


Dr. Lewis pun mengatakan bahwa melakukan pengecekan ke dokter gigi secara teratur sangatlah penting, terlebih untuk mengetahui barang kali ada solusi baru dalam penyembuhan tanpa harus melakukan tambal gigi.


Saat ini pun ada beberapa krim dan alat yang bisa menyembuhkan kerusakan gigi apabila ditindaklanjuti secara cepat dan akan membuat gigi anda tidak perlu ditambal.


Terdapat pula alat baru yang sering digunakan dokter pada bagian atas pengunyah dikala kerusakan gigi baru saja terjadi. Alat ini bisa melindungi gigi anda dan merupakan sebuah metode paling efektif untuk menghilangkan plak.


Sensitifitas

Sensitifitas gigi akan makanan yang panas, dingin dan manis adalah masalah yang sudah biasa terjadi pada orang yang sudah berumur lebih dari 40 tahun.

Dr. Ben Wilcox mengatakan bahwa gigi yang sensitif akan mengakibatkan rasa sakit seperti gusi yang bertemu dengan permukaan gigi. Makanan yang panas, dingin dan manis mengakibatkan pergerakan yang meningkat pada bagian pipa kecil yang mengakibatkan gusi bergesekan dengan saraf gigi.


Ini semakin memungkinkan terjadi disaat kita bertambah tua karena gusi kita memiliki kemungkinan untuk menjadi lebih buruk kondisinya. Untuk menyembuhkan gigi yang sensitif, beberapa obat dan alat kedokteran biasanya digunakan untuk menutup pipa gigi pada bagian sarafnya dan menghentikan gesekan pada bagian tersebut.


Gigi anak

Jika anda mulai frustasi untuk menyuruh anak anda menyikat gigi setiap pagi dan malam, cobalah untuk merayu hatinya. Gigi utama pada anak, atau yang biasa disebut dengan “Baby Teeth” sama pentingnya dengan gigi utama pada orang dewasa, dan kesehatan gigi pada anak pun bisa sangat mempengaruhi keadaan kedepannya.


Gigi utama pada seorang anak biasanya tumbuh pada umur 6 bulan. Gigi ini tidak hanya membantu anak untuk mengunyah, tetapi juga berbicara. Gigi tersebut pun memberikan jarak dalam mulut untuk bisa berkembang di dalam gusi.


Setelah gigi tersebut tumbuh, kemungkinan untuk rusak pun bisa terjadi pada gigi tersebut—jadi sangatlah penting untuk memulai untuk menyikat gigi anak tersebut secara rutin.


Dari umur 18 bulan, anak tersebut sudah boleh menggunakan semi sikat gigi dewasa dengan pasta gigi berflorida, namun harus tetap dalam pengawasan orang tua. Setelah 5 tahun, mereka baru bisa menggunakan pasta gigi dewasa.


Dr. Kareen Mekertichian, wakil presiden dari Australian and New Zealand Society of Paediatric Dentistry mengatakan bahwa hal yang menghawatirkan dalam penyakit gigi adalah keadaan gigi disaat anak tersebut masih balita.


Hal ini lah yang menyebabkan mengapa orang tua sangat disarankan untuk membawa anak mereka di tahun pertamanya ke dokter gigi untuk bisa mendapatkan solusi dalam menjaga kesehatan gigi anak mereka, dan juga mendiskusikan hal lainnya seperti bahaya akan penyakit gigi di tahun-tahun kedepannya.


Dr. Mekertichian pun mengatakan bahwa anak anda bisa juga diperiksakan ke dokter gigi keluarga; dokter gigi anak tidak begitu direkomendasikan untuk masalah gigi yang tidak begitu berbahaya.


Hal yang harus dilakukan orang dewasa dalam menjaga kesehatan gigi anak adalah dengan memastikan bahwa makanan yang mereka konsumsi adalah makanan sehat, meminum minuman yang berflorida, membersihkan sela-seka gigi secara rutin, dan menyikat gigi dengan pasta gigi berfolrida dua kali sehari.


Namun, ketika berbicara tentang pasta gigi, anda pun harus memberikan perhatian khusus pada anak anda. Florida akan bekerja dengan baik ketika dioleskan pada gigi. Namun seorang anak yang memiliki kebiasaan menelan pasta gigi akan menerima asupan florida yang terlalu banyak dan hal ini akan mengakibatkan fluorosis, dan disinilah yang menjadi alasan mengapa sangat penting untuk membuang pasta gigi setelah disikatkan pada gigi anda.


Dalam bentuknya, fluorosis akan membentu garis-garis kecil atau bintik pada bagian gigi anak. Bintik-bintik dan garis-garis tersebut muncul dari enamel gigi yang juga bisa ditandai dengan noda hitam atau cokelat dan juga keretakan pada gigi.


Bagaimana cara yang baik untuk menyikat gigi?

  • Posisikan sikat gigi anda pada posisi 45 derajat berhadapan dengan gusi dan sikat bagian belakang dan depan dengan jarak yang pendek dan melebar.
  • Sikat juga bagian luar, dalam dan juga permukaan pengunyah pada gigi.
  • Sikat pula bagian lidah anda untuk membuang bakteri dan menyegarkan nafas anda.
  • Sikat gigi yang baik paling tidak akan menghabiskan waktu sekitar 2 menit.
  • Ganti sikat gigi anda sekitar 3 bulan sekali dan juga sesudah anda sakit untuk menghindarkan terinfeksi kembali dari penyakit yang sama.