How To Beauty | BEAUTY | 11 months ago
Sepatu Terbaik Dan Terburuk Untuk Kaki Anda
Anda mungkin tidak pernah memikirkan bahwa menjejalkan jari-jari kaki Anda ke dalam sepatu yang tidak nyaman dapat menyebabkan cedera tulang belakang dan cedera kaki. Menyebabkan ketidaknyamanan yang amat sangat saat berjalan, sepatu yang salah bisa mempengaruhi bentuk alami kaki Anda. 
21 November 2017 22:49
Text by Astri Suciati

Sepatu Anda harusnya seksi, bergaya, in-fashion namun tanpa ukuran yang pas dan nyaman, mereka bisa merepotkan Anda sepanjang waktu. Pakailah sepatu yang membuat Anda berjalan dengan nyaman dan santai.

 

High heels atau stiletto

Monster dari semua alas kaki wanita, stiletto atau high heels menjadi penyebab utama yang mengkhawatirkan, jika dalam penggunaan teratur. Kaki Anda meluncur ke depan di dalam high heels atau stiletto, menyebabkan ketidakseimbangan pembagian berat tubuh yang secara bertahap merusak keselarasan alami tubuh Anda. Tidak diragukan lagi mereka modis dan seksi, tapi mereka juga memberi banyak tekanan pada saraf, merusaknya dan menyebabkan arthritis, nyeri lutut atau sakit kaki.

 


Pointed toes

Memberikan sedikit ruang pada jari kaki Anda, sepatu dengan ujung yang meruncing bisa menyebabkan rasa sakit di kaki Anda. Menjadi salah satu alasan umum atas terbentuknya bunion (tulang ibu jari kaki yang bengkok dan menonjol keluar) dan hammertoes (jari-jari kaki yang menekuk dengan tulang yang menonjol ke atas), sepatu berujung lancip adalah sepatu terlarang, baik untuk pria maupun wanita. Membuat jari-jari kaki Anda berdesakan, sepatu ini benar-benar bisa menimbulkan masalah.

 


Thick heels atau flat heels

Sepatu dengan tumit tebal memberikan dukungan yang tidak perlu ke tumit Anda dan mencegah gerakan kaki yang alami. Sepatu bertumit tebal dapat merusak saraf karena mereka memberi banyak tekanan pada bola-bola kaki Anda (telapak kaki bagian depan). Sedangkan sepatu bertumit datar tidak memberikan tumit Anda dukungan apapun dan dapat dengan mudah tertusuk oleh benda tajam di jalan. Sepatu dengan tumit datar adalah sepatu yang rawan cedera.

 


Low heels

Selalu beli sepatu yang memiliki tumit setinggi hanya dua inci (5 cm) atau bahkan lebih rendah dari itu. Sepatu ini tidak memberi tekanan ekstra pada kaki Anda, memungkinkan Anda membuat gerakan kaki yang alami. Sepatu dengan tumit rendah menyelamatkan Anda dari kaki yang tegang, keseleo, pergelangan kaki yang lecet dan kaki yang sakit.


 

Wider toe-spot

Sepatu dengan ujung yang lebar mencegah kaki Anda dari lecet dan kapalan yang menyakitkan. Anda dapat dengan mudah memakainya untuk waktu yang lebih lama tanpa rasa tidak nyaman. Sepatu berujung lebar ini memberi banyak ruang untuk jari kaki Anda tanpa membuatnya berdesakan. Menyediakan ukuran yang nyaman dan pas, sepatu ini tidak mengubah bentuk kaki dan gerakan kaki yang alami.


 

Perfect arch-type

Anda harus tahu tipe lengkung kaki Anda sebelum membeli alas kaki untuk Anda sendiri. Memakai sepatu dengan tipe lengkungan yang tepat dapat mencegah tekanan otot, masalah sendi dan kaki yang sakit. Jika Anda memiliki lengkung kaki yang netral, pakailah sepatu dengan sol di bagian tengah yang lembut dan bentuk sepatu yang lurus atau semi curved. Jika Anda memiliki lengkung kaki yang rendah atau kaki yang rata, carilah bentuk sepatu yang lurus dan orang-orang dengan lengkung kaki yang tinggi harus mencari sepatu dengan bantalan ekstra yang empuk.

 


Flip flops

Sandal jepit tidak memberi Anda dukungan terhadap lengkung kaki dan membuat kaki Anda rentan terhadap cedera. Mengenakan sandal jepit sesekali tidak mengapa. Bila Anda memakainya secara tidak tepat, ini bisa mengakibatkan pergelangan kaki yang sakit, patah jari kaki dan plantar fasciitis (peradangan yang menimbulkan nyeri di tumit bagian depan dekat lengkungan kaki).

 


Ballet flats

Sepatu balet tidak memberi dukungan pada kaki Anda. Mereka menempatkan kaki Anda pada risiko yang sama seperti memakai sandal jepit. Selain itu, sepatu ini biasanya dipakai dalam ukuran yang lebih kecil dari biasanya sehingga bisa mengakibatkan kapalan dan lecet yang menyakitkan.