Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Seram! Inilah Kenapa Anda Harus Berhenti Merokok Sekarang Juga!
JAGA KESEHATAN ANDA SEBELUM TERLAMBAT. ARTIKEL INI DAPAT MENYELAMATKAN HIDUP ANDA!
09 November 2017 17:28
Text by Webmaster

KERUSAKAN

Di Indonesia, merokok merupakan penyebab terbesar dari kematian dan penyakit, dengan 1.000 orang meninggal akibat merokok setiap minggunya.

RISIKO

Bukan hanya karena merokok itu bau, menyebabkan penuaan dini, dan merupakan kebiasaan yang mahal, merokok juga mengakibatkan penyakit-penyakit fatal seperti kanker, penyakit jantung, stroke, emphysema, asma dan kebutaan.

POIN UNTUK BERHENTI MEROKOK

Tidak seorang pun harus mulai merokok. Namun jika Anda seorang perokok, tidak ada kata terlambat untuk berhenti. Menurut penelitian dari University of Oxford yang melibatkan jutaan perempuan, berhenti merokok di umur 30-an dapat secara signifikan membantu terhindar dari kematian dini. Mereka yang berhenti  di umur 40-an mengurangi risiko kematian dini 90%.

PENYEMBUHAN

“Berhenti merokok sangatlah baik, sebenarnya,” kata penulis penelitian, Profesor Sir Richard Peto dari Oxford University. “Merokok membunuh Anda, berhenti merokok menyembuhkan Anda dan lebih cepat Anda berhenti akan lebih baik,” tuturnya.

MANFAAT JANGKA PENDEK

Hal terbaik dari berhenti merokok adalah bahwa Anda akan merasakan manfaatnya secepat mungkin. “Dalam satu hari tidak merokok, hampir semua nikotin yang keluar dari aliran darah, dan tingkat karbon monoksida dalam darah Anda turun dan lebih banyak oksigen yang masuk ke jantung dan otot,” kata dokter umum Dr Ronald McCoy. “Semakin lama Anda menjauhkan diri dari rokok, semakin sehatlah Anda: dalam waktu enam bulan, paru-paru Anda bekerja lebih baik dan berolahraga menjadi lebih mudah, karena lebih banyak udara masuk ke paru-paru Anda.”

MANFAAT JANGKA PANJANG

Dalam waktu dua sampai lima tahun, ada penurunan yang besar terhadap risiko serangan jantung dan stroke. “Bagi wanita, dalam waktu lima tahun, risiko kanker serviks adalah sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok,” katanya.

Setelah 10 tahun, risiko terkena kanker paru-paru lebih rendah dari orang yang tidak berhenti merokok, dan terus menurun. Setelah 15 tahun, risiko terkena serangan jantung dan stroke akan hampir sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok.

BERAPA LAMA KECANDUAN AKAN BERTAHAN

“Gejala kecanduan biasanya muncul dalam waktu 24 jam pertama dan puncaknya pada minggu pertama. Rata-rata, kebanyakan gejala memudar dan hilang setelah satu bulan. Enam bulan setelah berhenti, orang biasanya merasakan hal yang sama atau lebih baik daripada ketika mereka merokok, “kata Dr McCoy.