Nutrition Tips | NUTRITION | 10 months ago
Setelah Apel, Satu Pisang Sehari Juga Akan Menjauhkan Anda Dari Dokter!
Menurut para ahli gizi terkemuka, pisang bermanfaat dalam menyembuhkan beberapa kondisi kesehatan.
12 January 2018 15:29
Text by Astri Suciati

Jika Anda menginginkan penguat energi yang cepat, tidak ada kudapan yang lebih baik daripada pisang. Pisang memiliki tiga gula alami: sukrosa, fruktosa dan glukosa - dikombinasikan dengan serat. Pisang memberi dorongan energi instan dan berkelanjutan. Penelitian telah membuktikan bahwa hanya dengan dua buah pisang dapat menyediakan cukup energi untuk olahraga 90 menit yang berat.

Pisang mentah mengandung pati resisten karena tidak dapat dicerna oleh usus halus, yang kemudian difermentasi di usus besar. Ini berperan dalam mencegah risiko kanker usus, menurunkan kadar gula darah setelah makan, dan sebagai prebiotik. Sedangkan pisang matang sangat mudah dicerna dan jarang menimbulkan reaksi alergi, sehingga mereka adalah makanan padat yang populer untuk bayi.

Menurut para ahli gizi terkemuka, pisang bermanfaat dalam menyembuhkan beberapa kondisi kesehatan. Berikut ini di antaranya.

 

Heart burn

Pisang memiliki efek antasid alami di dalam tubuh, jadi jika Anda menderita heart burn (sensasi perih dan panas pada dada Anda), cobalah mengonsumsi pisang untuk menenangkan. Saat tangan Anda terbakar ketika memasak, menggosokkan pisang di area yang terbakar akan membantu sembuh lebih cepat daripada pengobatan lain.

 

Morning sickness

Ngemil pisang di sela waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari morning sickness (kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil pada trimester awal kehamilan). Umumnya orang kurang segar saat mereka bangun pagi sehingga mengonsumsi pisang di pagi hari akan menopang energi mereka sepanjang hari.

 

Hangover

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan hangover (rasa sakit yang dialami oleh seseorang setelah mabuk akibat minum alkohol) adalah dengan membuat milk shake pisang, yang dipermanis dengan madu. Pisang menenangkan perut dan dengan bantuan madu, membangun kadar gula yang terkuras habis, sementara susu menenangkan dan merehidrasi sistem tubuh Anda.

 

Ulkus

Pisang digunakan sebagai makanan diet melawan gangguan usus karena teksturnya yang lembut dan halus. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang bisa dimakan tanpa efek yang membahayakan dalam kasus kronis. Pisang juga menetralisir keasaman dan mengurangi lapisan iritasi pada area di dalam perut.

 

Stres

Kalium adalah mineral vital, yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh Anda. Saat kita stres, tingkat metabolisme kita meningkat, sehingga mengurangi kadar kalium kita. Ini bisa diimbangi dengan bantuan camilan pisang. Seluruh tubuh menjadi rileks saat ada asupan pisang tapi harus dibatasi, terutama untuk orang gemuk karena mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

 

Anemia

Karena tinggi kandungan zat besi, pisang bisa merangsang produksi hemoglobin dan membantu dalam kasus anemia. Orang yang mudah pingsan dan memiliki sedikit darah di tubuh mereka pastinya bisa mengonsumsi pisang kapan saja. Oleh karena itu, pisang adalah obat alami untuk banyak penyakit. Bila dibandingkan dengan apel, pisang memiliki empat kali lipat protein, dua kali lipat karbohidrat, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi serta dua kali lipat vitamin dan mineral lainnya. Jadi lain kali Anda melihat pisang jangan ragu untuk memakannya!