Health Advice | HEALTH | 1 month ago
Strategi Untuk Makan Sehat Di Pesta Saat Liburan
Siapa yang tak suka menghadiri acara pesta menyambut libur natal dan tahun baru yang meriah, berkumpul bersama teman, keluarga dan kerabat dengan makanan yang berlimpah? Tapi ingat, jangan sampai Anda terlena dengan melahap semua hidangan yang disajikan dan mengorbankan kesehatan Anda. Berikut strategi agar Anda tetap sehat di saat pesta.
18 December 2018 15:06
Text by Astri Suciati

Sebentar lagi libur natal dan tahun baru akan tiba. Pasti banyak di antara Anda yang sudah menyiapkan rencana liburan atau mengadakan pesta menyambut dua momen akhir tahun ini. Mungkin juga Anda sudah mulai menerima banyak undangan makan besar dari teman-teman, kerabat dan keluarga. Demi menghormati mereka, Anda tentu tidak bisa menolaknya. Namun perhatikan jangan sampai Anda kalap dan tergoda untuk memakan apapun yang disajikan. Karena bisa-bisa resolusi Anda tahun ini untuk menjaga berat badan akan rusak hanya dalam semalam.

Sebagian besar dari kita sangat suka menghadiri pesta menyambut liburan dengan musik, suasana meriah dan makanan enak untuk dinikmati. Namun orang-orang cenderung mengabaikan masalah kesehatan untuk sesaat dan menikmati makan untuk mengisi hati mereka, bukan mengisi perut. Liburan seharusnya membantu Anda merevitalisasi indera Anda dan memungkinkan Anda menghadapi kehidupan sehari-hari dengan kekuatan dan semangat baru. Makan berlebihan tidak akan membantu dalam hal ini. Jadi, bersiaplah untuk menahan keinginan untuk hanya menikmati makanan dan melihat pesta selama liburan sebagai waktu untuk bersosialisasi dan bersantai. Inilah cara agar Anda dapat tetap sehat di pesta saat liburan:


Makan sesuatu di rumah

Sebelum Anda mencapai tempat diadakannya pesta, makanlah sedikit camilan di rumah. Kacang-kacangan, biskuit gandum utuh atau string cheese. Jangan sampai Anda tiba di pesta dalam keadaan lapar karena tidak ada yang akan menghentikan Anda dari mencoba semua jenis makanan.


Sajikan buah dan sayuran

Tip ini berguna jika Anda sendiri yang menyelenggarakan pesta. Cobalah untuk memasukkan buah dan sayuran sebagai hidangan pembuka, sebanyak mungkin. Anda juga bisa memasukkan banyak hidangan buah atau sayuran di piring Anda untuk hidangan utama. Tentu saja jenis makanan tersebut tidak boleh direndam dalam minyak atau digoreng.


Mengatur porsi

Beberapa orang memiliki kebiasaan membuat menara dari porsi makanan mereka di piring. Apakah Anda salah satunya? Hindari kebiasaan ini karena menyebabkan Anda mendapatkan proporsi besar yang tidak sehat. Selain itu, jangan mengunjungi meja makanan untuk mengambil porsi kedua. Tetaplah pada satu porsi dan jangan ada menara makanan ketika mengambil porsi Anda sendiri.


Gandum utuh sebanyak mungkin

Masukkan tepung gandum utuh ke dalam resep roti, kue, muffin, dan cookies yang akan Anda hidangkan.


Lakukan tes dengan tisu

Jika Anda menemukan jenis makanan yang menggoda seperti gorengan, lakukan tes dengan menggunakan tisu. Seka makanan tersebut dengan tisu, jika meninggalkan bekas minyak, jangan memakannya.


Lakukan lebih banyak kegiatan fisik

Anda tentu ingin bersenang-senang di pesta. Lalu mengapa tidak melakukannya? Menari atau berjalan di sekitar rumah atau tempat pesta adalah cara yang baik untuk menjaga kalori Anda. Olahraga seperti tenis meja, sepak bola atau bahkan biliar dapat membantu mengalihkan fokus dari makanan, selain juga membakar kalori yang banyak.


Sadarilah apa yang Anda makan

Pada akhirnya semua kembali kepada Anda, apakah memenuhi keinginan melahap makanan-makanan tersebut atau menjaga kesehatan Anda. Jadi, pilihlah hanya makanan sehat rendah lemak. Anda mungkin masih bisa menikmati rujak atau asinan buah, saus barbekyu, saus cranberry atau saus mustard pedas. Dan tentu saja kuncinya adalah makan tidak berlebihan.