Nutrition Tips | NUTRITION | 1 month ago
Strawberry Café: Board Games Café Pertama Di Indonesia Dengan Nuansa Serba Strawberry
Strawberry Café, café unik dengan konsep menyerupai kebun strawberry dengan berbagai menu olahan dari buah strawberry, plus tersedia banyak sekali board games yang bisa dipilih untuk dimainkan sembari menunggu pesanan tiba di meja, sehingga pengunjung tak akan bosan.
10 July 2019 22:26
Text by Astri Suciati


Saat ini banyak sekali restoran atau café dengan konsep dan nuansa unik yang mudah kita temui khususnya di Jakarta. Semua demi menarik pelanggan, apalagi di era Instagram seperti sekarang ini, tempat-tempat makan hits yang terlihat Instagrammable selalu menjadi buruan orang-orang, tak peduli hanya sekadar minum, yang penting ada foto-foto yang bisa diunggah dan dipamerkan di akun media sosial mereka. Café pun berubah menjadi tak hanya sebagai tempat makan saja namun juga tempat nongkrong yang asyik bersama teman-teman sambil ngobrol bahkan main games.

Seperti di Strawberry Café. Dari namanya saja sudah terbayang seperti apa konsep dari café ini. Bermula di tahun 2004 yang merupakan restoran milik keluarga sang pemilik, Putra Priyadi, awalnya café ini bernama Warung Strawberry kemudian sempat juga menjadi Warung Surabi, hingga akhirnya untuk menampilkan kesan yang lebih ngetren, maka berganti lagi menjadi Strawberry Café hingga saat ini. Kenapa strawberry? Karena memang kegemaran pemiliknya sejak kecil terhadap buah strawberry, didukung dengan pendidikan sekolah perhotelan yang ditempuhnya, maka dibangunlah bisnis berbau strawberry ini.

Berlokasi di Tanjung Duren, Jakarta Barat, interior café dua lantai ini dihiasi tanaman merambat terbuat dari plastik berikut buah-buah strawberry imitasi yang menggantung, dilengkapi lampu-lampu hias kecil, juga bantal-bantal berbentuk strawberry semakin menambah kemeriahan suasana kebun strawberry buatan ini. Selain area makan, di lantai satu ada sebuah kolam bola yang bisa digunakan oleh anak-anak bermain, dan di lantai dua adalah roof top untuk smoking area. 

Strawberry Café juga dikenal sebagai tempat nongkrong dan makan sambil main games. Bahkan mereka mengklaim sebagai board games café pertama di Indonesia, karena memang sejak awal berdiri, mereka sudah menyuguhkan ide berbagai permainan untuk pengunjung sebagai pengusir rasa jenuh sambil menunggu pesanan datang. 

Beragam permainan mulai dari yang tradisional seperti congklak, catur, bola bekel pun mereka sediakan. Karena respon pelanggan yang bagus terhadap konsep ini, maka mereka pun mulai menambah jenis permainan, tak hanya lokal namun juga dibawa dari luar negeri. Kebetulan pemilik Strawberry Café juga penggemar board games bahkan memiliki klub board games di Jakarta, sehingga kedua konsep ini – strawberry dan board games – selaras dengan kegemaran pemiliknya.

Ada sekitar seribu board games yang disediakan oleh Strawberry Café demi memanjakan pelanggan, tinggal pilih dari daftar mau permainan apa. Untuk menghindari kebosanan para pelanggan yang juga sekaligus penggemar games di café ini, secara berkala setiap tahunnya Strawberry Café meregenerasi atau me-refresh sebagian jenis permainan yang mereka sediakan dengan mengganti permainan lama dengan permainan yang baru. Bahkan menurut penuturan Yopie Arifin, SPV Area Strawberry Café, pemilik menyediakan dua gudang khusus untuk menyimpan koleksi board games yang akan digunakan di café.

Karena banyaknya ragam permainan yang disediakan, maka tak heran bila target pengunjung Strawberry Café adalah remaja usia 15 tahun ke atas atau orang dewasa yang menggemari keseruan board games yang mengasah strategi. Selain makan dan main game, café berkapasitas 200 orang ini juga menyediakan Birthday Surprise Party, TUPAI Show, VIP Room, dan free WIFI. Tapi siapa yang butuh WiFi jika sudah asyik seru-seruan main game dengan teman-teman?