Training Tips | FITNESS | 1 year ago
Teknik-Teknik Peregangan Untuk Pelari
FLEKSIBILITAS MERUPAKAN KUNCI UNTUK MENCEGAH CEDERA DAN MENINGKATKAN PERFORMA, JADIKANLAH PEREGANGAN SEBAGAI BAGIAN PENTING DARI RUTINITAS LARI ANDA.
02 November 2017 17:19
Text by Webmaster

Semua bentuk olahraga, termasuk lari, membuat otot tegang. Jika Anda tidak berbuat sesuatu, otot Anda akan semakin tegang dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menghambat kinerja Anda dan menyebabkan cedera. Jika Anda akan berlari, Anda harus berkomitmen untuk rutin melakukan peregangan. Sekarang kami akan menunjukkan empat peregangan untuk otot Anda.

PUNGGUNG BAWAH BAGAIMANA CARANYA?

Baringkan tubuh. Angkat satu kaki, dengan lutut ditekuk. Pegang bagian luar lutut dengan tangan yang berlawanan dan tarik kaki ke tubuh. Biarkan punggung terkena lantai. Di tiap hembusan nafas turunkan kaki mendekat ke lantai. Anda akan merasakannya di punggung bawah dan samping. Tahan, kemudian lakukan pada kaki yang lain.

41101-1_asl

Mengapa? Berlari menyebabkan dampak yang besar bagi pinggul, yang mengakibatkan punggung bawah tegang.

KAKI DEPAN BAGAIMANA CARANYA?

Baringkan tubuh dan kenakan tali atau handuk melingkar di kaki. Tarik kaki ke atas. Mulai dengan lutut diluruskan, lalu tekuk perlahan agar lebih dalam ke otot. Biarkan yang satu menempel di lantai. Di tiap menghembuskan nafas, bergerak lebih dalam peregangan. Tahan, kemudian lakukan hal yang sama pada kaki yang lain.

41103-1_asl

Mengapa? Paha belakang mendorong kaki ke depan, sehingga mereka mudah tegang.

OTOT PINGGUL DAN RUSUK BAGAIMANA CARANYA?

Duduk dengan bagian belakang lutut menempel di lantai. Angkat batang tubuh, simpan tangan Anda di punggung bawah, dorong pinggul ke depan, dan sandarkan kepala dan punggung ke belakang. Akan terasa di pinggul dan paha atas. Tahan selama 10 detik. Angkat tangan sejajar dengan kaki belakang dan raih arah berlawanan, meregangkan ketiak dan trisep. Tahan, lalu lakukan pada bagian yang lain.

41105-1_asl

Mengapa? Otot pinggul mengayunkan kaki dari belakang ke depan. Mereka dapat menyebabkan cedera jika tidak diregangkan.

PEREGANGAN BETIS BAGAIMANA CARANYA?

Dorong ke dinding atau tiang. Untuk meregangkan kaki belakang, buatlah kaki mengangkang, tekuk lutut depan dan lutut belakang biarkan lurus, dengan tumit menempel di lantai. Turunkan pinggul ke bawah dan ke depan. Cobalah tekuk lutut bagian belakang untuk meregangkan otot lain. Tahan, lalu lakukan hal yang sama pada kaki lain.

41107-1_asl

Mengapa? Betis mengangkat kaki bagian depan, dan otot paling bekerja dengan berat saat berlari.

TIPS MELAKUKAN PEREGANGAN

-Sebelum latihan, tahan setiap peregangan untuk 6-20 detik di setiap sisi, untuk membantu mencegah cedera.

-Setelah latihan, tahan setiap peregangan selama 30-60 detik di setiap sisi, untuk mendapatkan fleksibilitas.

-Jangan melakukan peregangan secara berlebihan atau otot Anda akan melawan.

-Jika Anda tidak bisa merasakan peregangan, Anda mungkin tidak membutuhkannya.