Professional Athletes | INTERVIEWS | 2 months ago
Theo Steven: Fitness Model Jebolan L-Men 2005 Yang Masih Tetap Eksis
Mungkin banyak yang belum pernah mendengar nama Theo Steven. Namun bagi pengikut setia ajang pencarian icon hidup sehat khusus pria, L-Men of The Year, tentu sosok yang satu ini cukup familiar, apalagi hingga saat ini ia masih tetap eksis di dunia fitness model.
24 June 2019 21:33
Text by Astri Suciati


Empat belas tahun silam adalah awal karir seorang Theo Steven di dunia kebugaran dan modelling. Menjadi salah satu grand finalis ajang kontes L-Men of The Year 2005 perwakilan dari Semarang membuka kesempatan baginya untuk semakin berkiprah di dunia hiburan khususnya sebagai fitness model. Wajah tampan oriental dan tubuh atletisnya menjadi modal utama beraksi di depan kamera. Selain L-Men, ia juga pernah menjadi finalis Be Our Cover di Menshealth Magazine pada tahun 2008.

Menggeluti dunia kebugaran sekaligus modelling tentunya membuat lulusan S-1 Desain Komunikasi Visual dari Universitas Tarumanegara ini tak berada jauh dari gaya hidup sehat dan bugar. Sejak awal karirnya ia selalu bersentuhan dengan fitness dan olahraga dengan terlibat di mega gym besar seperti Celebrity Fitness, hingga menjabat sebagai Club Manager Fitness & Spa di beberapa hotel berbintang dan kini melabuhkan karirnya di Redtop Hotel Jakarta dengan posisi yang sama.

Layaknya fitness model manapun, pria pemilik tinggi 176 cm dan berat 78 kg ini juga pernah menjadi brand ambassador beberapa produk suplemen, mulai dari ABS Indonesia (2008-2012), Scitec Nutrition Indonesia (2016), Venum Nutrition (2017), dan saat ini dengan GNC Indonesia. 

Penasaran dengan sosok Theo Steven? Ikuti saja obrolan kami dengan penyuka salmon sashimi ini.




Sebagai fitness model, apakah punya latar belakang personal trainer / pelatih kebugaran juga?

Iya saya pernah mengikuti sertifikasi untuk Personal Trainer dari FISAF (Federation of International Sports, Aerobics and Fitness).


Menjadi seorang model pria, tentu banyak dikelilingi oleh para wanita, entah sesama model maupun fans. Pernah ada kecemburuan dari istri? Bagaimana Anda meyakinkan kepercayaannya?

Pada awalnya istri sering cemburu cuma saya bisa meyakinkan istri saya. Namun kecemburuan itu saya anggap karena istri saya sayang sama saya. Hehehe


Pengalaman apa yang paling berharga atau berkesan sepanjang karir model Anda?

Pengalaman yang paling berkesan adalah bisa masuk sebagai 12 grand finalis dari seluruh Indonesia di L-Men tahun 2005, yang satu-satunya ajang L-Men yang hadiah utamanya mobil.


Saat ini banyak model-model baru bermunculan yang sekaligus merupakan fitness influencer di media sosial. Bagaimana cara Anda mempertahankan eksistensi? 

Caranya adalah tetep konsisten dan menjadi diri sendiri. Di usia yang sudah 41 tahun ini saya masih sering dibilang seperti umur 30an. Hehehe... Jadi dengan konsisten mempertahankan pola hidup sehat, manfaat yang saya dapatkan selain selalu sehat dan bugar juga awet muda loh.


Apa yang membuat Anda tetap termotivasi?

Persaingan yang ketat yang membuat saya termotivasi. Maksudnya saya ingin menunjukkan kalo usia gak jadi masalah di saat kita ingin sehat dan bugar.


Apa saja rutinitas latihan / olahraga yang Anda lakukan secara teratur?

Latihan beban seminggu minimal 4 kali. Latihan cardio seminggu 2 kali, kadang saya suka shadow basket (main basket sendirian) dan renang.



Bagaimana dengan pola makan? Ada aturan tertentu atau diet yang diikuti?

Untuk pola makan saya yaitu Senin-Jumat saya makan lebih ketat dan Sabtu-Minggu lebih bebas saat bersama keluarga. Dan tetap saya campur dengan intermittent fasting (puasa tengah hari). Namun saya hanya memakai 8 jam jendela makan saja (waktu di mana saya boleh makan).


Bicara mengenai tokoh idola, siapa panutan yang Anda kagumi di dunia fitness / modeling (lokal dan internasional) dan kenapa?

Untuk idola saya di bidang fitness adalah Ade Rai, karena beliau selain sebagai seorang binaraga, juga sebagai fitness influencer serta seorang public figure yang tetap konsisten sampai sekarang. Sedangkan untuk model / aktor internasional adalah Andy Lau.


Saat tidak sedang nge-gym atau di depan kamera, aktivitas atau hobi apa yang paling sering Anda lakukan?

Hobby saya lebih banyak bermain bersama anak perempuan saya yang hampir berusia 8 tahun.


Ada proyek atau rencana baru apa lagi kedepannya?

Proyek saya ke depannya adalah ingin membuat video YouTube untuk berhubungan dengan Fitness & Healthy Lifestyle.


Pesan atau saran kesehatan / kebugaran apa yang bisa Anda bagikan untuk pembaca kami?

Saran saya adalah mulai sekarang untuk sehat, tidak peduli berapa umur Anda, baik masih anak-anak atau sudah tua sekalipun. Karena di saat badan kita sehat, kita bisa berpikir lebih positif dan menaikkan performa kita baik secara fisik maupun kemampuan berfikir / berusaha.


Bila ingin mengetahui apa saja aktivitas Theo Steven dan mendapatkan inspirasi gaya hidup sehat dan bugar, atau ingin menjadi fitness model seperti dirinya, Anda bisa ikuti akun Instagramnya @theo.steven78.