Training Tips | FITNESS | 1 week ago
Tiffany Candrakirana: Dedikasi Untuk Membuat Orang Terus Termotivasi
Coach yang satu ini mungkin sudah familiar bagi Anda yang kerap mengikuti berbagai kelas olahraga di sejumlah studio kebugaran di Jakarta. Tiffany Candrakirana, trainer dengan banyak keahlian yang selalu senang untuk terus memotivasi kliennya agar mau berolahraga.
04 July 2019 14:20
Text by Astri Suciati

Begitu banyak studio kebugaran dengan berbagai kelas olahraga bertebaran di ibu kota, dan tentunya di tiap kelas tersebut ada satu instruktur yang bertugas memandu jalannya kelas, memastikan peserta mengikuti gerakan dengan benar, memberi semangat serta terus memotivasi untuk tak menyerah demi mendapatkan body goals impian.

Tiffany Candrakirana alias Vani sapaan akrabnya, adalah salah satu instruktur dan personal trainer yang menguasai berbagai bidang kelas olahraga, di antaranya Piloxing, TRX, Poundfit, Muay Thai, Barre, Fitball, Bosu, Kettlebell, Pilates, Sandbell, Strong by Zumba, dan masih banyak lagi. Menjadi trainer serba bisa pastinya tidak mudah, perlu pendidikan dan pelatihan khusus untuk mendalami berbagai gerakan dan fungsinya. Selain itu tentu saja harus punya passion di dunia kebugaran dan tidak canggung memimpin kelas.

Yuk kita berkenalan dengan ibu satu anak yang selalu tampak fit ini dalam obrolan kami berikut.


Sejak kapan dan bagaimana awalnya bisa menjadi trainer?

Semenjak tahun 1997, kebetulan Ibu saya seorang instruktur senam aerobik, tadinya hanya ingin mengisi waktu luang menunggu masuk kuliah lalu saya dimasukkan ke tempat kursus yang khusus untuk menjadi pelatih senam pada saat itu. Kursus tersebut untuk mendapatkan sertifikasi / ijazah resmi dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, memakan waktu 6 bulan setiap Senin-Jumat jam 9 sampai 5 sore. 


Anda menguasai banyak kelas olahraga. Kelas mana yang paling intensif Anda ajar dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang certified trainer untuk masing-masing jenis latihan?

Untuk kelas yang intens saat ini ada beberapa seperti Piloxing, TRX, dan Poundfit. Untuk menjadi seorang certified trainer masing-masing jenis latihan sebetulnya gak terlalu lama apalagi kalau sudah ada basic pelatih tetapi untuk memantapkan gerakan dan fungsinya secara baik dan benar saya butuh waktu 2 bulan.


Kelas apa yang paling menantang dan apa saja manfaatnya?

Setiap kelas mempunyai tantangan berbeda tetapi kalau untuk manfaat semua hampir sama. Khususnya untuk beberapa kelas saya, semua bermanfaat untuk melatih cardio / endurance (stamina), strength (kekuatan otot), balance (keseimbangan), juga melatih flexibility (kelenturan).


Tipe trainer seperti apakah Anda, killer atau friendly?

Hmm...enggak dua-duanya. Saya tipe trainer yang fun, karena rata-rata kelas yang saya bawakan bersifat high intense (intensitas tinggi) jadi saya menginginkan semua peserta bisa mengikuti semua gerakan saya bukan hanya dengan baik dan benar tetapi harus tetap fun.