Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Tingkatkan Kinerja Otak Dengan Superfoods. Apa Itu Superfoods?
Faktanya, makanan yang kita makan memiliki hubungan dengan bagaimana kita merasakan sesuatu dan bagaimana kita berpikir.
05 October 2017 13:53
Text by Webmaster

Mood kita, kemampuan untuk belajar dan juga daya ingat semua dipengaruhi oleh tipe makanan yang kita makan. Otak kita bergantung pada asupan nutrisi dari makanan kita, gula darah dan juga fungsi dari oksigen. Memakan makanan dengan asupan nutrisi yang seimbang bisa membantu meningkatkan daya ingat dan juga meningkatkan daya kerja otak, juga menghindari bahaya dari penyakit umur sepert dementia dan Alzheimer.

70% pada otak terdiri dari lemak dan membutuhkan asam lemak (Omega-3s) dari makanan yang kita makan untuk menjaga kesehatan fungsi dan perkembangan tubuh. Lemak Omega-3 biasanya ditemukan pada minyak ikan seperti salmon, trout dan makarel, minyak biji rami, kacang-kacangan dan juga biji-bijian.


Protein

Protein adalah nutrisi lainnya yang juga penting untuk daya kerja otak yang lebih baik. Makanan rendah lemak dengan kualitas yang baik sangatlah diperlukan untuk memberi kandungan asam amino pada otak kita. Hal ini bisa me-neurotransmitters seperti acetylcholine (diperlukan untuk daya ingat, dan serotonin (dalam pembentukan mood). Makanan seperti telur, kacang-kacangan, tahu, ayam organik dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk dikonsumsi.


Vitamin C

Antioksidan seperti Vitamin C, A dan beta-karotin adalah kandungan yang penting dalam meningkatkan daya kerja otak dan juga melindungi sel otak untuk melawan bahaya radikal bebas. Buah-buahan dan sayur-sayuran, terlebih lagi untuk yang berwarna merah dan oranye, adalah jenis makanan yang menuh dengan kebaikan akan antioksidan.


Karbohidrat

Untuk karbohidrat bisa ditemukan di sereal dan juga roti (oat, rye, beras merah dan quinoa), dimana berfungsi sebagai sumber energi, serat, dan juga Vitamin B. Makanan-makanan tersebut memberikan otak anda dengan asupan glukosa yang lambat, tanpa menyebabkan perubahan yang tajam pada kadar gula darah.


Natural stress busters

Stress adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, tetapi apabila didiamkan dalam waktu yang lama bisa berbahaya untuk kesehatan anda. Berikut beberapa cara alami yang bisa membantu anda untuk tetap tenang dan mendukung sistem saraf dan meredakan gejala stress.

  • Vitamin B bisa membantu sistem saraf. Sumber energi yang baik adalah susu, kacang-kacangan dan juga sayuran berdaun hijau.
  • Oat pun memiliki kemampuan untung menenangkan, efek gizi yang baik pada sistem saraf, jadi mulailah untuk mengkonsumsi bubur.
  • Magnesium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk menghilangkan stress. Sumber magnesium yang paling baik adalah almond, kacang-kacangan dan gandum.
  • Cobalah untuk menurunkan kadar cafein dengan mengurangi meminum kopi, teh hitam minuman bersoda dan cokelat.
  • Teh kamomil dibuat dari campuran kamomil, valerian ataupun lemon yang bisa juga mengurangi stress.