Training Tips | FITNESS | 11 months ago
Tipe Bentuk Tubuh Dan Latihan Yang Sesuai Untuk Membangun Otot
Tipe bentuk tubuh mempengaruhi bagaimana Anda merespons diet dan latihan. Pahami jenis bentuk tubuh Anda untuk merencanakan latihan membangun otot dan program diet Anda.
15 November 2017 14:18
Text by Astri Suciati

Penting untuk bisa mengenali dan memahami tipe bentuk tubuh Anda. Jenis bentuk tubuh yang berbeda memerlukan metode latihan dan rencana diet yang berbeda. Di bawah ini adalah 3 jenis bentuk tubuh pria: ectomorph, mesomorph dan endomorph, beserta karakteristiknya.

 

Ectomorph


Ectomorph body type


Ectomorph adalah bentuk tubuh khas pria kurus. Orang-orang ecto memiliki tubuh yang tipis dengan sendi yang kecil dan otot yang kurus. Biasanya para ectomorph memiliki tungkai yang panjang dan tipis dengan otot berserabut. Bahu cenderung tipis dengan lebar sedikit.

Ciri khas ectomorph:

  • Struktur tulang dan kerangka yang kecil dan "tipis"
  • Sulit untuk menambah massa otot melalui latihan
  • Dada rata
  • Bahu kecil
  • Kurus
  • Massa otot yang kurus
  • Sulit untuk menambah berat badan
  • Metabolisme cepat

Orang-orang dengan bentuk tubuh ectomorph merasa sangat sulit untuk menambah berat badan. Mereka memiliki metabolisme cepat yang membakar kalori dengan sangat cepat. Ecto membutuhkan sejumlah besar kalori untuk menambah berat badan. Latihan harus singkat dan intens yang berfokus pada kelompok otot besar. Suplemen sudah pasti dianjurkan. Orang-orang ectomorph harus makan sebelum tidur untuk mencegah katabolisme otot pada malam hari. Umumnya, para ectomorph bisa kehilangan lemak dengan sangat mudah sehingga mengurangi otot kurus lebih mudah bagi mereka.

 

Mesomorph


Mesomorph body type


Seorang mesomorph memiliki struktur tulang yang besar, otot yang besar dan fisik atletis yang alami. Mesomorph adalah jenis bentuk tubuh terbaik untuk binaraga. Orang-orang dengan bentuk tubuh mesomorph merasa cukup mudah untuk menaikkan dan menurunkan berat badan. Mereka kuat secara alami yang merupakan platform sempurna untuk membangun otot.

Ciri khas mesomorph:

  • Atletis
  • Umumnya memiliki tubuh yang keras
  • Bentuk otot yang terlihat dengan baik
  • Tubuh yang berbentuk rectangular atau persegi
  • Kuat
  • Menambah otot dengan mudah
  • Menambah lemak lebih mudah daripada ectomorph

Tipe bentuk tubuh mesomorph merespons paling baik terhadap latihan beban. Penambahan otot biasanya terlihat sangat cepat, terutama bagi pemula. Kelemahan dari orang-orang mesomorph adalah mereka menambah lemak lebih mudah daripada ectomorph. Ini berarti mereka harus memperhatikan asupan kalori mereka. Biasanya kombinasi latihan beban dan cardio bekerja paling baik untuk para mesomorph.

 

Endomorph


Endomorph body type


Tipe bentuk tubuh endomorph padat dan umumnya lembek. Orang-orang endomorph menambah lemak dengan sangat mudah. Para endo biasanya bertubuh lebih pendek dengan lengan dan kaki yang tebal. Memiliki otot yang kuat, terutama kaki bagian atas. Para endomorph menemukan bahwa mereka secara alami kuat dalam latihan kaki seperti squat.

Ciri khas endomorph:

  • Badan bulat dan lembek
  • Menambah otot dan lemak sangat mudah
  • Umumnya pendek
  • Tubuh gempal
  • Fisik bulat
  • Sulit untuk kehilangan lemak
  • Metabolisme lambat
  • Bentuk otot tidak begitu terlihat dengan baik

Ketika sampai pada latihan, orang-orang endomorph merasa sangat mudah untuk menambah berat badan. Sayangnya, sebagian besar berat badan ini adalah lemak bukan otot. Untuk menjaga agar lemak tetap rendah, para endomorph harus selalu berlatih kardio dan juga beban. Biasanya suplemen mungkin tidak diperlukan asalkan orang tersebut memiliki asupan protein tinggi dalam makanan mereka.

 

Kombinasi Jenis Tubuh

Jenis bentuk tubuh ini tidak bisa diubah. Padahal, kebanyakan pria memiliki kombinasi dua tipe bentuk tubuh. Kombinasi ini adalah ectomorph / mesomorph atau mesomorph / endomorph. Hal yang tidak biasa untuk menemukan mesomorph murni yang menambah berat badan seperti endomorph misalnya.

 

Jadi yang mana tipe bentuk tubuh Anda?

Dengan informasi di atas Anda harus bisa mengenali tipe bentuk tubuh Anda. Anda mungkin juga ingin mengoptimalkan diet dan latihan Anda agar sesuai dengan tipe bentuk tubuh Anda.

Tidak peduli apa jenis bentuk tubuh Anda, Anda bisa membangun fisik besar yang kekar dan berotot. Bahkan orang yang paling kurus pun bisa memiliki otot yang besar. Ya, lebih sulit tapi jika Anda bersedia bekerja keras maka itu bisa dilakukan.