Nutrition Tips | NUTRITION | 11 months ago
Tips Agar Sayuran Anda Tetap Segar Lebih Lama
Tidak ada orang yang suka melihat sayuran mereka menjadi layu dan berubah bentuk. Jadi, apakah ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sayuran Anda dari membusuk?
05 December 2017 17:32
Text by Webmaster

Musim hujan datang! Dan biasanya akan datang pula musim sayuran dan buah-buahan sehat.

Karena hampir setiap orang sekarang memiliki jadwal yang sibuk, kita sering membeli sayuran dan buah-buahan sekaligus dan menyimpannya di kulkas, dan tanpa sadar menemukan mereka membusuk atau layu hanya dalam beberapa hari. Menjaga sayuran segar Anda untuk waktu yang lama bisa menjadi tugas yang sulit. Tidak ada orang yang suka melihat sayuran mereka menjadi layu dan berubah bentuk. Jadi, apakah ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sayuran Anda dari pembusukan? Ya, ikuti saja tips berikut ini!

 

Jangan simpan semuanya bersama-sama

Beberapa sayuran matang cenderung menghasilkan gas yang dikenal sebagai ethylene, yang dapat menyebabkan pematangan dini terhadap makanan lain yang sensitif terhadapnya. Karena itu, Anda harus tahu makanan mana yang harus dijauhkan dari makanan yang memproduksi ethylene. Misalnya, wortel atau sayuran hijau tidak boleh disimpan dengan tomat karena mereka cenderung matang dengan cepat.

 

Beri buah berry Anda air panas

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa buah berry Anda menjadi berjamur bahkan setelah menyimpannya dalam lemari es? Ya, buah berry Anda yang belum dimakan bisa busuk dalam semalam. Alih-alih menggunakan pestisida untuk mencegah berkembangnya jamur pada buah berry Anda, rendam mereka dalam air panas, yang dikenal sebagai thermotherapy yang melibatkan perendaman buah berry Anda dalam sepanci air panas untuk membunuh spora jamur yang ada pada mereka. Kemudian, hamparkan mereka di atas handuk sampai kering sebelum menyimpannya di kulkas Anda.

 

Bungkus sayuran hijau Anda dengan tisu

Idealnya, Anda harus mengonsumsi sayuran hijau dalam 1-2 hari setelah pembelian untuk memastikan kesegaran dan mendapatkan semua nutrisinya. Tapi, jika Anda pikir Anda tidak bisa menghabiskannya dalam 2 hari, jaga kesegarannya tetap utuh dengan membungkusnya dengan kertas tisu. Semua kelebihan kelembaban, yang bisa menyebabkannya membusuk, dapat terserap ke dalam tisu. Anda kemudian dapat menyimpannya di lemari es Anda. Tips untuk diingat: selalu bungkus sayuran hijau yang belum dicuci dan buang yang busuk sebelum menyimpannya.

 

Air es untuk selada dan rempah-rempah

Suhu dingin kulkas Anda bisa merubah sayuran hijau menjadi layu selama waktu penyimpanan. Tapi Anda bisa dengan mudah menyegarkannya dengan cepat dengan merendamnya dalam air dingin. Yang harus Anda lakukan adalah meletakkan daun selada atau rempah-rempah di mangkuk yang berisi air es. Hanya satu atau dua menit saja cukup untuk membuat mereka segar kembali.