Training Tips | FITNESS | 1 year ago
Tips Berenang Dari Seorang Atlet Olimpiade
Tips berenang ala Geoff Huegill, seorang atlet olimpiade dari Australia.
08 November 2017 15:48
Text by Webmaster

Pelatih renang, Geoff Huegill, membagikan tips cara meningkatkan teknik dan ketahanan saat berenang

Menurut pemenang medali Commonwealth Games, Geoff Huegill, setiap orang memiliki potensial untuk berenang dengan baik. “Tidak terlalu sulit karena bukan mengangkat beban, orang yang cedera pun dapat melakukannya juga,” kata Huegill, duta besar Biotherm.

Jadi, mengapa kita tidak mulai berenang? Huegill mengatakan bahwa kunci untuk berenang lebih cepat adalah dengan cara memperlambat kayuhan lengan Anda. “Kesalahan besar yang dilakukan orang adalah melakukannya dengan terburu-buru, dan tidak mengalami proses mengayuh yang seharusnya.”

Dengan tidak terburu-buru, Anda akan meningkatkan teknik yang juga akan menghemat tenaga berharga Anda.

Ini adalah tips dari Huegill untuk melakukan gaya bebas yang sempurna.

LIMA ATURAN RENANG GAYA BEBAS

  1. Aktifkan otot inti. “Anggaplah tubuh Anda sebagai papan,” kata Huegill. “Semakin lurus tubuh Anda, semakin mudah tubuh Anda bergerak dalam air. Jika otot inti Anda tidak aktif, kaki Anda akan mulai tenggelam yang mana akan menahan pergerakan dalam air.”
  2. Sikut tetap di atas. “Saat lengan Anda berada dalam air, buatlah sikut Anda berada di posisi atas,” kata Huegill. “Momen di mana Anda membiarkan sikut Anda turun, Anda mulai kehilangan tenaga.”
  3. Tendang tiga kali dalam satu kali kayuhan lengan. “Perbandingan terbaik untuk tenaga kaki dan lengan adalah tendangan enam ketukan,” kata Huegill. “Artinya, untuk setiap kayuhan lengan, lakukan tendangan tiga kali.”
  4. Ujung atas kepala menghadap depan. “Arahkan tatapan ke bawah dengan sudut 30-45 derajat, hingga Anda dapat melihat garis di dasar kolam berenang.
  5. Jangan melengkungkan tangan. “Anda harus memiliki genggaman yang tenang,” kata Huegill. Jari-jemari harus sedikit terpisah satu sama lain seperti saat Anda sedang membelai rambut Anda.

TIPS BERNAFAS

  • Putar kepala hingga cukup bagi mulut Anda untuk terbuka. Biarkan bagian wajah yang lebih rendah berada dalam air.
  • Jangan berpatok pada berapa kayuhan yang harus dilakukan dalam sekali mengambil nafas. Lakukan yang terbaik bagi Anda.
  • Tidak masalah jika bernafas hanya lewat satu sisi. Para profesional sering melakukan ini.
  • Semakin Anda dapat mengatur pernafasan Anda, berenang akan semakin mudah.
  • Jika Anda merasa tidak nyaman untuk menyelamkan kepala Anda, berlatihlah sambil berpegangan ke tepi kolam.

TIPS TEKNIK

  • Tangan: Anda harus memiliki genggaman yang tenang, dengan jemari sedikit terpisah satu sama lain. Tangan harus menjadi yang pertama menyentuh air.
  • Otot inti: Buat otot inti aktif dan tubuh lurus agar kaki tidak tenggelam dan terseret di dalam air.
  • Kaki: Lakukan gerakan menendang sebanyak tiga kali untuk tiap satu kayuhan lengan agar mencapai tenaga maksimum.