Wellbeing | WELLBEING | 1 year ago
Tips Mengatasi Ketakutan Anda Terhadap Terbang
Apa itu takut terbang, penyebab dan cara mengatasinya.
08 November 2017 14:50
Text by Astri Suciati

Apa itu takut terbang?

Sebagai manusia, hubungan kita dengan penerbangan telah berubah secara drastis di abad terakhir ini. Perjalanan udara telah berkembang dari fantasi menjadi mode transportasi umum dan banyak digunakan. Ada sekitar 100.000 penerbangan di dunia setiap hari, menurut International Air Transport Association (IATA).

Perjalanan udara telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir baik dalam frekuensi maupun keamanan secara keseluruhan. Menurut sebuah laporan di jurnal Research in Transportation Economics, perjalanan udara lebih aman dalam hal kematian yang disebabkan oleh kecelakaan daripada mode transportasi umum lainnya, termasuk:

  •         mobil
  •         feri
  •         kereta bawah tanah
  •         kereta api
  •         bus

Meski begitu, ada saat-saat yang membuat seorang pelancong - bahkan yang berpengalaman - sedikit tidak nyaman. Ketika roda pesawat mulai terangkat dari landasan atau Anda mengalami turbulensi yang buruk, hal yang biasa untuk mencengkeram sandaran tangan sedikit lebih erat.

Saat-saat merasa campur aduk atau tidak tenang ini biasanya tidak berlangsung lama, dan berlalu begitu momen menegangkan usai. Artinya, kecuali Anda benar-benar takut terbang, yang dikenal sebagai aviophobia. Orang-orang dengan aviophobia memiliki ketakutan terbang yang mendalam dan terus-menerus yang jauh lebih dari sekadar rasa tidak enak sesaat.

 

Apa yang menyebabkan takut terbang?

Ada beberapa kemungkinan atas apa yang berkontribusi pada ketakutan Anda akan penerbangan. Hal itu bisa disebabkan oleh satu pengaruh langsung atau kombinasi beberapa faktor.

Pengaruh langsung mungkin berupa penerbangan yang sangat buruk yang pernah Anda alami atau hubungan dengan seseorang yang mengalami insiden penerbangan traumatis atau kejadian yang berhubungan dengan penerbangan.

Merasa di luar kendali adalah pemicu kecemasan yang umum, dan ini adalah yang memberi pengaruh secara umum terhadap aviophobia. Berada sangat jauh tinggi di atas sana tentu salah satu cara untuk menyadari bahwa beberapa hal dalam hidup ada di luar genggaman tangan Anda!

Claustrophobia adalah kondisi lain yang bisa memicu aviophobia. Kabin pesawat adalah ruang yang padat dan sempit, dan itu bisa terasa sangat mengekang selama boarding, saat emosi sudah mulai meningkat.

 

8 tips untuk menaklukkan ketakutan terbang

Jika Anda mengalami ketakutan terbang, tips berikut dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan Anda pada penerbangan berikutnya.

1. Tetap terpusat. Tarik napas dalam-dalam selama empat hitungan, lalu lepaskan selama enam hitungan.

2. Temukan titik fokus. Silangkan pergelangan kaki Anda dan silangkan tangan Anda di depan dada Anda. Bernapaslah dalam-dalam sambil meletakkan lidah Anda di langit-langit mulut Anda.

3. Hilangkan gangguan stres. Turunkan penutup jendela sehingga Anda tidak terganggu dengan elemen yang bergerak.

4. Mengantisipasi kecemasan Anda. Lakukan latihan konsentrasi dan meditasi setiap hari satu atau dua minggu sebelum penerbangan.

5. Persiapkan unsur-unsur yang menenangkan. Temukan hal-hal yang membantu Anda tetap fokus dan mengurangi cemas. Temukan musik yang menenangkan. Kemas makanan ringan yang Anda nikmati tapi juga membuat Anda merasa nyaman. Jauhi makanan dengan gula, yang merupakan stimulan.

6. Singkirkan pengaruh lain. Aviophobia dapat meningkat saat kecemasan umum meningkat. Mungkin dapat membantu jika menghilangkan unsur-unsur lain yang menimbulkan kegelisahan, seperti kafein, minuman energi, dan stimulan lainnya.

7. Temukan ketakutan Anda. Apakah Anda takut kehilangan kontrol? Apakah takut terhadap kematian? Apakah itu claustrophobia? Pemicu yang berbeda membutuhkan hal yang berbeda untuk membantu menenangkannya. Jika fakta tentang keselamatan penerbangan akan membuat Anda merasa lebih baik, bacalah mengenai hal-hal tersebut sebelum menaiki pesawat. Jika claustrophobia adalah pemicunya, bicaralah dengan maskapai Anda tentang boarding lebih awal atau mendapatkan tempat duduk di sebelah lorong (aisle).

8. Lepaskan rasa takut. Banyak orang dengan ketakutan terbang juga memiliki masalah kontrol. Pikirkan untuk melepaskan kontrol situasi kepada pilot, seorang profesional terlatih dengan ribuan jam waktu penerbangan.

 

Kapan harus ke dokter

Banyak orang menghadapi kecemasan setiap hari. Jika ketakutan Anda mulai menguasai hidup Anda dengan cara yang tidak dapat diatur, penting untuk menghubungi seorang profesional medis. Para profesional ini akan dapat membantu Anda mengidentifikasi penyebab ketakutan terbang dan menemukan cara yang efektif untuk mengelolanya. Mereka dapat membantu Anda menemukan perawatan untuk memulihkan kesehatan mental dan fisik Anda.

 

Pilihan perawatan

Perawatan karena takut terbang biasanya melibatkan pengobatan atau terapi. Dokter mungkin menyarankan pengobatan anti kecemasan. Biasanya ada dua jenis: yang Anda ambil atau lakukan hanya saat Anda menghadapi pemicu stres Anda, dan yang Anda ambil atau lakukan secara teratur.

Dokter mungkin juga menyarankan psikoterapi, termasuk:

  •         terapi paparan
  •         hipnosis
  •         pemodelan
  •         terapi bicara

Relaksasi dan latihan pernapasan juga bisa membantu.

 

Kesimpulan

Meskipun terbang bukanlah satu-satunya cara untuk bepergian, ini adalah salah satu cara teraman dan tercepat. Jika Anda ingin berangsur melewati ketakutan terbang, ada banyak pilihan untuk membantu mengelola pemicu dan stres yang menyertainya.

Rasa takut terbang tidak harus mengekang kemampuan Anda untuk melihat dunia atau mengunjungi keluarga dan teman. Berbagai alat, seperti obat dan terapi, dapat membantu Anda mengelola perasaan yang mungkin tampak tidak terkendali.