Mum's Fitness | MOMS | 1 year ago
Tips Mudah Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
MENJAGA KESEHATAN TUBUH IBU HAMIL  HARUS DILAKUKAN DAN SEBENARNYA TIDAK SULIT. TIDAK PERLU YANG MEMBUAT ANDA REPOT, NAMUN HAL – HAL PRAKTIS SAJA  KADANG DILUPAKAN OLEH SEORANG IBU HAMIL.
29 October 2017 15:39
Text by Webmaster

Dan hal tersebut dapat menjadi masalah untuk kesehatan anda dan janin calon buah hati anda.


Menjaga Kesehatan Wajah dan Kepala

Bagi Ibu hamil sebaiknya tidak melakukan pewarnaan dan pengeritingan rambut. Hal ini disebabkan obat yang digunakan untuk mengecat dan mengeriting rambut bersifat zat toksik (beracun). Kebersihan daerah rambut dan kepala dilakukan dengan melakukan keramas secara teratur, dan melakukan pijatan ringan pada wajah dan kepala untuk relaksasi.

Wajah Ibu hamil biasanya ada flek,warna gelap atau bintik coklat pada wajah ( cloasma gravidarum ). Hal tersebut diakibatkan oleh perubahan hormon yang merangsang pigmentasi pada wajah dan leher. Anda tidak perlu mengolesi dengan bermacam – macam krim pemutih. Karena setelah melahirkan, warna flek coklat tersebut akan hilang.


169259886-56a76f715f9b58b7d0ea79ff


Menghirup Udara Bersih

Jangan gunakan bahan-bahan zat aerosol cat , kamfer, formalin , dan racun serangga yang berupa obat nyamuk bakar maupun semprot, dan apabila terpaksa menggunakannya anda harus melindungi mulut dan hidung dengan masker. Selain itu, anda sebaiknya menghindari polusi udara dari kendaraan bermotor. Sedangkan Bagi ibu hamil dengan riwayat asma sebaiknya terhindar dari pencetus asma misalnya bulu binatang debu karpet,, serbuk bunga, udara dingin dan sebagainya.


Menjaga Kesehatan Mulut

Hormon kehamilan membuat gusi menjadi lebih lunak dan kadang berdarah. Maka dari itu, anda harus menggosok gigi dengan lembut, secara benar dan teratur setelah makan. Sesekali anda boleh berkumur dengan menggunakan larutan air garam hangat. Dan apabila gusi anda mudah berdarah atau bengkak gunakan pasta gigi yang sesuai  anjuran dokter kandungan anda.


Kebersihan Tubuh dan Payudara

Bagi anda yang memiliki riwayat keguguran berulang, sebaiknya mengurangi stimulasi (merangsang) menarik – narik puting payudara saat hamil  muda. Hal ini dikarenakan bisa merangsang hormon oksitosin dan menyebabkan kontraksi rahim. Perhatikan kebersihan payudara dan tubuh dengan mandi teratur sehari tiga kali. Hal ini sangat penting agar kulit sehat, peredaran darah ke seluruh tubuh lebih lancar. Ukuran payudara yang membesar saat hamil, biasanya membuat ibu sedikit kurang nyaman. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan Bra yang sesuai ukuran.

Kebersihan Tangan

Ibu hamil harus menjaga kebersihan tangan juga kuku, pastikan mencuci tangan sebelum anda makan. Dan bagi anda yang suka bertanam, gunakan sarung tangan agar tidak terkontaminasi dengan pupuk atau kotoran hewan. Jangan sampai Anda yang sedang hamil terkena Diare. Badan jadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi saluran cerna. Bagi anda yang suka bermain dengan kucing, anjing, kelinci atau unggas, sebaiknya menghindari hewan-hewan tersebut saat hamil. Hal ini untuk mengurangi Resiko penyebaran virus toksoplasmosis melalui kotoran beberapa binatang tersebut.


Perawatan pada Daerah Perut

Semakin hari perut Ibu hamil tentu akan semakin membesar. Hal tersebut tentu sebagai tanda pertumbuhan janin yang bagus. Untuk itu, anda tidak boleh menggunakan pakaian yang terlalu ketat, saat ini banyak pakaian hamil yang modis, nyaman dan tidak menekan perut. Posisi tidur anda sebaiknya miring ke kanan, sehingga peredaran darah ke Janin lebih lancar.

Pembesaran perut juga berpengaruh terhadap keseimbangan tubuh. Maka dari itu, anda harus menjaga agar posisi tetap tegak saat berjalan, agar tidak mudah terpeleset atau jatuh. Dan apabila ada benda di lantai harus anda ambil, sebaiknya tekuk satu lutut dengan hati hati terlebih dahulu.


Kebersihan Daerah Alat Kelamin

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang selanjutnya adalah, Biasakan membersihkan daerah alat kelamin dengan benar agar kuman jahat tidak mudah masuk. Setelah kencing, bersihkan Vagina dengan air yang bersih dari arah depan ke belakang. Jangan menggunakan antiseptik pencuci vagina karena akan membunuh kuman baik. Gunakan Celana Dalam dari bahan Katun dan seringlah menggantinya agar selalu bersih dan kering.

Jangan cemas dengan keputihan karena hal ini akibat perubahan hormonal ketika anda hamil. Namun apabila keputihan berubah bau busuk, warna hijau atau kuning kental disertai gatal anda harus segera mengobati. Penyakit kelamin pada suami juga harus diobati, sehingga tidak terjadi infeksi silang  atau saling menularkan kuman atau virus saat berhubungan badan.


Latihan Senam Hamil

Senam Hamil bertujuan agar otot dasar panggul lebih kuat, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar peredaran darah dan melatih pernafasan. Apabila hal tersebut sulit untuk dilakukan atau ada larangan dari bidan, anda bisa menggantinya dengan latihan jalan kaki  tiap hari selama tigapuluh menit dan terutama dilakukan pada pagi hari.

Namun memang ada beberapa keadaan kehamilan yang beresiko keguguran dab tidak memperbolehkan ibu jalan kaki bahkan harus bed rest total. Dan sebagai pengganti Senam Hamil, anda bisa melakukan gerakan senam Kegel.


Perhatian Khusus Daerah Kaki

Bagi anda Ibu Hamil sebaiknya jangan menggunakan sepatu bertumit tinggi. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembendungan pembuluh darah pada daerah kaki, dan tentu saja mengurangi Resiko terjatuh. Saat tidur atau berbaring usahakan tungkai kaki selalu dalam posisi lebih tinggi dibandingkan dengan badan.

Sesekali baik juga merendam kaki dengan air hangat yang diberi garam, dan dilakukan pemijatan menggunakan minyak zaitun atau lotion lembut sambil duduk di kursi. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah pada kaki, mencegah varises, mengurangi keluhan kram dan rasa pegal di kaki.


Lakukan Relaksasi atau Yoga

Ibu hamil sebaiknya tidur selama Satu atau dua jam dan malam sekitar delapan jam. Saat tidur ibu hamil biasanya akan mengalami sering mimpi buruk, hal ini dikarenakan rasa cemas yang terpendam dibawah sadar lalu terungkap dalam mimpi saat tidur. Oleh karena itu saling berbagi suka dan duka dengan suami akan mengurangi beban stres mental dan fisik.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil memang tidak hanya harus dilakukan oleh Ibu Hamil, namun juga harus didukung dan dilakukan oleh orang-orang yang ada disekitarnya, terutama suami. Dengan langkah-langkah mudah tersebut diharapkan kondisi Ibu dan Janin dapat melahirkan dan dilahirkan dengan keadaan yang sempurna.


Kesimpulan:

  • Ibu Hamil harus menjaga kesehatan untuk kebaikannya dan janin,
  • Perawatan Kesehatan Ibu Hamil dilakukan kepada seluruh anggota tubuh wanita,
  • Kesehatan Ibu Hamil harus didukung penuh oleh Suami dan Orang-orang yang ada disekitar.