Nutrition Tips | NUTRITION | 1 year ago
Tips Nutrisi Untuk Pekerja Shift
Beberapa tips praktis untuk membantu Anda makan dengan baik saat melakukan kerja shift.
13 October 2017 17:05
Text by Webmaster

Apakah Anda adalah termasuk seorang yang bekerja shift? Jika demikian, Anda mungkin menganggap bahwa makan sehat bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk membantu Anda makan dengan baik saat melakukan kerja shift.


Kerja shift dan kesehatan Anda

Jika Anda bekerja shift, Anda mungkin merasa bahwa Anda mengalami:

  • Perubahan selera makan
  • Kesulitan tertidur atau sulit tidur nyenyak
  • Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan
  • Masalah pencernaan seperti sembelit, diare, kembung dan asam lambung

Kabar baiknya adalah, dengan makan yang baik dan tetap aktif, Anda bisa menghindari beberapa masalah ini.


Kiat praktis untuk membantu Anda merasa lebih baik

Kemas makanan dan camilan yang sehat

Membawa makanan dan camilan sehat dari rumah akan mempermudah Anda untuk makan dengan baik pada waktu shift Anda. Sertakan berbagai makanan yang cukup bergizi.


Makan makanan utama Anda sebelum pergi bekerja

Jika Anda bekerja shift, Anda mungkin mendapati diri Anda makan besar dua kali, pertama di rumah dan kemudian makan lagi di tempat kerja. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Makanlah makanan utama Anda beberapa jam sebelum pergi bekerja. Makanlah makanan kecil dan nikmati camilan sehat selama shift Anda.


Makan camilan ringan sebelum tidur

Sulit untuk tidur nyenyak jika Anda terlalu kenyang atau terlalu lapar. Camilan sehat seperti sereal gandum dengan susu dan buah atau sepotong roti gandum dengan sedikit selai kacang adalah pilihan yang baik.


Hindari makanan tinggi lemak, gorengan atau pedas

Untuk mencegah gangguan pencernaan atau asam lambung, makanlah makanan berlemak rendah yang tidak digoreng atau terlalu pedas.


Hindari camilan manis

Makanan yang mengandung gula tinggi, seperti coklat atau minuman ringan, bisa memberi Anda energi singkat, tapi bisa membuat Anda merasa lesu nantinya. Camilan dengan sedikit protein akan memberi energi saat Anda mulai merasa lelah dan lapar. Cobalah segenggam kacang dengan buah, hummus dengan sayuran atau yogurt dengan buah beri.


Kurangi kafein

Minum minuman berkafein dapat membantu Anda tetap terjaga. Tapi terlalu banyak kafein bisa mengganggu tidur, membuat Anda merasa gugup atau mudah tersinggung dan membuat perut Anda gelisah. Untuk mengurangi kafein, beralihlah ke teh atau kopi tanpa kafein, atau teh herbal.


Minum lebih banyak air

Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Ini mungkin membantu Anda untuk merasa lebih terjaga selama shift Anda. Simpan botol air minum di dekat Anda dan minum secara teratur selama shift Anda.


Aktif saat istirahat

Lakukan beberapa peregangan selama waktu istirahat Anda. Berjalan menaiki tangga, atau berjalan cepat. Beberapa latihan olahraga ringan akan memberi Anda energi untuk menyelesaikan shift Anda, memperbaiki mood Anda dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.