Training Tips | FITNESS | 5 months ago
Tips Untuk Membantu Anda Tetap Bugar Dan Sehat Selama Ramadan
Berikut beberapa tips untuk membantu kesehatan dan kebugaran selama Ramadan.
30 May 2018 13:08
Text by Astri Suciati

Seringkali orang menggunakan bulan Ramadan sebagai alasan untuk mengurangi jumlah frekuensi olahraga yang mereka ikuti. Namun, penting untuk tetap melanjutkan beberapa aktivitas fisik, karena tanpa hal itu dan tidak adanya pola makan yang teratur, metabolisme seseorang akan melambat, yang berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan.

Para ahli menyarankan waktu terbaik untuk melakukan aktivitas fisik selama Ramadan adalah pagi-pagi sekali setelah makan sahur atau petang hari setelah berbuka puasa.

Mungkin banyak di antara anggota klub kebugaran yang absen selama bulan Ramadan. Akibatnya orang mungkin kehilangan massa otot dan mendapati timbangan mereka naik beberapa kilo setelah puasa. Jadi kita harus tetap melanjutkan latihan olahraga selama periode ini.

Berikut beberapa tips untuk membantu kesehatan dan kebugaran selama Ramadan:

 

  • Pertimbangkan untuk mengurangi durasi latihan Anda menjadi antara 30-45 menit
  • Konsisten selama periode ini, targetkan 3 latihan per minggu

  • Tingkat energi Anda mungkin sedikit lebih rendah dari biasanya, jadi jangan khawatirkan intensitas latihan. Tidak masalah untuk berolahraga pada tingkat intensitas rendah hingga menengah selama periode ini

  • Tetap terhidrasi dengan baik dan usahakan untuk minum 3 liter air selama waktu yang diizinkan untuk minum

  • Makan berbagai makanan dan cobalah untuk menghindari lemak jenuh dan makanan ringan yang manis

  • Ikuti prinsip Piramida Hidup Sehat Bergizi di bawah ini.

 

Bergerak lebih banyak

 

Bergerak lebih banyak mengingatkan kita bahwa kita perlu menyeimbangkan energi yang kita dapatkan dengan energi yang kita gunakan. Kita makan setiap hari jadi kita juga harus aktif setiap hari.

 

Makanan yang harus dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak

 

Lapisan dasar makanan ini mencakup hanya makanan nabati: sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian dan lentil, roti dan sereal (sebaiknya gandum utuh). Makanan-makanan ini mengandung banyak nutrisi yang berbeda dan harus menjadi bagian terbesar dari makanan yang kita makan.

 

Makanan yang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang

 

Makanan di tengah-tengah piramida ini termasuk ikan, daging tanpa lemak, telur, ayam (tanpa kulit), susu, keju dan yoghurt. Makan seporsi daging, ikan atau telur dan tiga porsi makanan dari produk susu setiap hari akan memberikan protein, mineral (terutama zat besi dan kalsium) dan vitamin B.

 

Makanan yang harus dikonsumsi dalam jumlah kecil

 

Gula dan lemak ada di lapisan ini. Makanan-makanan ini harus dibatasi karena mereka kurang pasokan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, kesehatan yang baik dan energi yang cepat.