Nutrition Tips | NUTRITION | 11 months ago
Tips Untuk Mencegah Perubahan Warna Pada Buah
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa jenis buah dan sayuran berubah atau kehilangan warna, menurut Anda apa alasannya? 
05 December 2017 15:49
Text by Astri Suciati

Apa yang terjadi saat Anda memotong apel dan menyimpannya seperti itu selama beberapa menit? Apel yang sebelumnya juicy dan segar akan kehilangan warna dan menjadi cokelat. Lalu, jika Anda memotong pisang atau kentang, hal yang sama juga akan terjadi pada mereka. Jadi, apa penyebab utama hal ini? Mengapa buah dan sayuran menjadi layu dan berubah warna saat dibiarkan tanpa kulitnya atau dipotong setengah? Dan apakah aman untuk makan buah dan sayuran yang telah kehilangan warnanya?

Nah, Anda mungkin akan terkejut tapi Anda pastinya bisa makan buah dan sayuran yang sudah berubah warna. Buah yang berubah warna bisa dimakan tapi tetap saja, Anda harus sadar akan alasan perubahan warna makanan.

Jadi, ada enzim yang disebut polifenol oksidase atau tirosinase yang ada di dalam sel buah dan sayuran. Ketika sel-sel tersebut terpapar udara, enzim ini bereaksi dengan oksigen yang memicu perubahan warna cokelat enzimatik yang mengubah fenol tanaman menjadi pigmen cokelat yang disebut melanin. Ini adalah pigmentasi yang sama yang memberi warna pada kulit manusia. Dan inilah mengapa buah dan sayuran berubah warna menjadi cokelat setelah dipotong dan bahkan saat mereka sedikit hancur setelah ditumbuk.

Namun, perubahan warna makanan bisa dicegah. Ya, Anda bisa mencegah perubahan warna pada buah dan sayuran dengan menggunakan teknik anti-perubahan warna cokelat. Berikut tipsnya.

Apa semua buah bisa berubah warna menjadi cokelat? Buah yang bisa berubah warna menjadi cokelat termasuk buah peach, apel, pisang dan pir. Anda dapat dengan mudah mencegahnya berubah warna menjadi cokelat dengan memotongnya menjadi irisan dan kemudian menambahkan sedikit jus buah sitrus ke permukaan irisan buah tersebut. Jus buah sitrus ini misalnya seperti jus jeruk atau lemon dll. Sebaiknya, gunakan jus lemon karena ini adalah bahan yang paling efektif.

Demikian pula, sayuran yang bisa berubah warna menjadi cokelat adalah ubi jalar, kentang, artichoke dll. Proses yang sama juga berlaku untuk sayuran, Anda memotongnya dan membiarkannya di udara terbuka kemudian mereka berubah warna menjadi cokelat.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengambil semangkuk air tawar dan menambahkan beberapa tetes sari apel atau cuka atau jus lemon ke dalamnya. Pastikan Anda mencampurnya dengan baik. Kemudian, rendam buah dalam air yang diasamkan ini tapi tidak lebih dari sepuluh menit. Dan jika itu adalah pisang, maka rendam saja selama beberapa menit. Setelah itu, tiriskan airnya dan keringkan buahnya sebelum dimakan. Mengapa cuka atau jus sitrus? Mereka akan mengurangi tingkat pH pada permukaan buah dan sayuran dan air akan membantu mengurangi jumlah oksigen yang terpapar pada buah dan oleh karenanya mencegah perubahan warna kecokelatan.