Tips For Men | MEN | 1 year ago
Tips Untuk Pria Dengan Rambut Panjang
Pria yang menumbuhkan rambut panjang biasanya selalu kebingungan bagaimana untuk merawat dan menjaga kesehatan rambutnya. Bagi seorang wanita, ini adalah bagian tak terpisahkan dari menjadi seorang wanita, tapi bagi seorang pria, ini hanyalah sebuah kerja keras.
09 November 2017 12:42
Text by Astri Suciati

Jika Anda berada dalam misi untuk menumbuhkan rambut Anda, ingatlah bahwa rambut panjang terlihat bagus hanya saat mereka sesuai dengan wajah seseorang dan bila orang itu memiliki kepribadian untuk memiliki rambut panjang. Harus diatur untuk memulainya, jadi perhatikan tips berikut ini.


Pastikan dan Yakinlah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan. Pertumbuhan rambut jangan jadi hal yang sifatnya kebetulan, pastikan Anda sudah merencanakannya. Misalnya, mulai menumbuhkan rambut dari awal musim dingin karena cuaca dingin mencegah kepala berkeringat. Anda juga harus bersiap mendedikasikan waktu ekstra pada rambut Anda karena merawat rambut panjang pasti akan membuat Anda meluangkan waktu.

 

Sampo dan Kondisioner Setiap Hari

Anda harus bisa mengetahui jenis sampo dan kondisioner yang sesuai dengan rambut Anda dan menggunakannya setiap hari. Gunakan sisir bergigi lebar untuk menguraikan rambut Anda sebelum Anda keramas. Basahi rambut Anda dengan air hangat, ambil beberapa tetes sampo dan oleskan secara merata dari kulit kepala sampai ujung rambut dengan ujung jari Anda. Setelah itu, bilas dengan air suam-suam kuku setelah dua atau tiga menit. Dengan menggunakan sisir bergigi lebar, sisirlah rambut dengan lembut (dari kulit kepala sampai ujung) sebelum menggunakan kondisioner. Ikuti petunjuk yang diberikan di botol untuk menggunakan kondisioner dan bilas dengan air suam-suam kuku.

 

Saat Mengeringkan Rambut

Saat rambut Anda basah, maka ia sangat rentan terhadap kerusakan. Jadi, ketika Anda menggosoknya ke handuk sampai kering, beberapa helai rambut kusut tersangkut di benang handuk dan menjadi tertarik ke titik kerusakan. Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut Anda dengan cara menggoyangkannya untuk melepaskan air berlebih dan mengusapnya ke arah pertumbuhan. Pastikan Anda tidak menggosok rambut dengan handuk. Penyebab umum lain dari kerusakan pada rambut adalah blow drying, jadi, jangan mem-blow dry rambut Anda. Tapi, jika Anda harus menggunakannya, pastikan untuk menerapkan thermal styling spray atau de-tangler untuk melapisi rambut dan melindunginya dari kerusakan sebelum blow drying.

 

Menyisir

Menumbuhkan rambut panjang menuntut perawatan yang tepat, yang bisa dilakukan dengan bantuan peralatan perawatan rambut tertentu. Yang paling penting adalah sisir bergigi lebar dan sikat rambut yang berkualitas. Anda harus menyisir dan menyikat rambut secara teratur, kecuali jika Anda menginginkan gaya dread lock.

Wanita telah menguasai seni mengelola rambut panjang sejak zaman dahulu kala. Sekarang sudah saatnya juga untuk pria!