Health Advice | HEALTH | 1 year ago
Top Tips Untuk Membersihkan Livermu Sekarang Juga!
INGIN KULITMU LEBIH SEHAT, SISTEM PENCERNAAN LEBIH BAIK DAN ENERGY BERTAMBAH? MENJAGA KESEHATAN LIVER ADALAH KUNCI DARI SEMUA ITU.
25 October 2017 16:52
Text by Webmaster

Fungsi utama liver adalah untuk membersihkan tubuh secara alami. Liver merupakan pembersih di dalam tubuh yang apabila dirawat dengan baik dapat menjaga tubuh tetap bersih dari kotoran yang menyebabkan penyakit.

Liver merupakan organ terbesar kedua (setelah kulit) dan merupakan salah satu organ yang paling penting. Jika tubuh adalah mobil, maka liver adalah mesinnya. Organ ini memiliki ratusan fungsi untuk memastikan bahwa kinerjanya tetap baik dalam menetralkn lemak serta menyeimbngkan hormone di dalam tubuh, sistem pencernaan dan sirkulasi.

Tapi seorang pakar herbal Dominique Finney mengatakan bahwa tugas utama liver adalah untuk menghilangkan zat-zat asing. Semua yang masuk ke dalam aliran darah akan disaring oleh liver untuk memastikan bahwa hanya nutrisi berkualitas yang masuk ke dalamnya.

Adam Davidson seorang akupuntur juga mengemukakan dari perkspektif pengobatan Cina bahwa liver mengendalikan aliran energy ke dalam tubuh. Organ ini juga mengatur tendon dan menyimpan darah yang menutrisi mata dan kuku. Liver juga mempengaruhi menstruasi dan sistem pencernaan.


Blocked Liver

Mengkonsumsi junk food memang terasa menyenangkan, tapi hal ini dapat membuat liver bekerja sangat keras. Semua jenis junk food dan sisa bahan kimia beracun terperangkap di dalam liver. Jika Kamu terlalu banyak mengkonsumsi junk food, maka liver akan nampak seperti sponge basah yang kotor dan perlu diperas.

Finney mengungkapkan bahwa saat liver memadat maka organ ini tidak akan bekerja optimal dalam menyaring darah. Liver dapat terhambat, berlemak dan kembung. Hal ini kemudian bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan menurunnya perpaduan nutrisi, sel-sel baru serta kesehatanmu.

Itulah juga kenapa banyak para pecandu alkohol mengalami gagal ginjal: karena liver tidak pernah diberi waktu untuk bangkit.

Liver terletak dibelakang rusuk, di bagian kanan atas daerah perut. Kita hanya bisa bertahan satu hingga dua hari jika ginjal tidak berfungsi. Itu berarti liver masih dapat berfungsi hingga 75 persen dalam keadaan sakit, mengingat organ ini memiliki kemampuan menakjubkan untuk menciptakan lapisan liver yang baru.

Lebih dari 20 ribu orang Indonesia meninggal karena penyakit liver setiap tahunnya. Gejala-gejala pertama dari penyakit liver adalah sakit kepala, lesu, depresi, konsentrasi yang lemah, perubahan suasana hati, alergi, ruam, mata merah dan gatal, sensitif terhadap makanan, sakit dan kaku atau bahkan terasa pahit di mulut.


PERLUKAH DETOX?

Ahli diet Emile Isles tidak merekomendasikan melakukan detox karena liver tidak selalu bekerja untuk mendetoks tubuh. Lebih baik memperbaiki kebiasaan makan untuk meningkatkan fungsi liver daripada menggunakan perencaan yang menarik perhatian atau mengikuti diet ketat. Kita harus kembali mengkonsumsi makanan sehat dan memastikan bahwa kita tahu nutrisi apa yang Kita butuhkan.

Isles juga merekomendasikan untuk makan makanan yang rendah lemak serta mengkonsumsi sayuran serta buah setiap hari dan menghindari alkohol.

Proses Detoks sendiri menurut Davidson hanya diperlukan untuk mengobati kondisi yang sangat parah dan hanya dilakukan dibawah pengawasan praktisi yang berkualifikasi. Terlebih lagi Davidson menambahkan bahwa tubuh secara alami melakukan proses detoks setiap malam saat Kamu tidur dan setiap Kamu sedang sakit. Jadi Kamu tidak perlu lagi melakukan detoks karena tubuhmu sudah melakukannya sendiri. Kamu hanya perlu minum air yang banyak dan istirahat yang cukup.


Liver Helpers

Meskipun kunci untuk menjaga kesehatan liver adalah dengan memeliharan hormone dan keseimbangan, Davidson mengungkapkan bahwa ada beberapa makanan dan suplemen yang dapat membantu liver bekerja lebih baik. Jahe, sayuran yang berdaun hijau tua, ubi bit dan mint dapat membantu melancarkan energy.


PEMBERSIH LIVER

Wortel: kaya akan beta karoten yang dapat membantu menormalkan gula darah serta mengurangi inflamasi di dalam tubuh dan merupakan makanan yang baik untuk energy tubuh.

Milk Thistle : mengandung aktioksidan yang dapat menghambat racun. Kapsulnya dapat dikonsumsi setiap hari untuk memperbaiki kesehatan liver.

Kenari hitam: membantu menghilangkan racun. Menurut Finney kenari hitam bisa dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau serbuk selama 30 hari setelah itu Kamu perlu menghentikannya terlebih dahulu.

Lemon: membersihkan liver, ginjal, kantong empedu, digestive tract dan paru-paru.

Bawang putih : membantu menguatkan dan membersihkan darah serta membersihkan liver dan ginjal.

Teh Dandelion: dandelion sudah digunakan selama berabad-abad. Tumbuhan ini merupakan pemurni darah serta mengandung antioksidan sehingga sangat direkomendasikan untuk mereka yang mengalami masalah liver.
Jus ubi bit: mengandung bahan kimia bernama betaine yang dapat menstimulasi sel-sel di dalam liver dan melindungi liver dan kantong empedu.

Tidur yang Cukup: lakukan sauna infrared dan perawatan limfatik serta minum banyak air putih.