Training Tips | FITNESS | 8 months ago
Tren Fitness Baru 'Plogging' Yang Menjaga Manusia Dan Bumi Tetap Sehat
Pernahkah Anda melihat orang-orang membawa kantong sampah saat jogging? Atau tangan mereka penuh dengan botol plastik bekas? Anda mungkin akan segera melihatnya.
01 March 2018 19:11
Text by Astri Suciati



Tren kebugaran terbaru ini disebut "plogging", yang mengharuskan orang untuk memunguti sampah sambil berlari. Istilah plogging adalah gabungan antara jogging dan "plocka upp," bahasa Swedia untuk "pick up" (mengambil).

Plogging dimulai di Swedia, namun kemudian mulai menarik perhatian pengikutnya di seluruh dunia, berdasarkan banyaknya foto Instagram yang muncul dengan hashtag #plogging. Tren terbaru ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan manusia dan bumi kita.

Plogging memiliki manfaat di luar rasa kepuasan diri yang berasal dari membuat dunia menjadi tempat yang sedikit lebih bersih. Ini sebenarnya membakar lebih banyak kalori daripada sekedar jogging.

Aplikasi kebugaran berbasis di Swedia, Lifesum, yang menganggap bahwa plogging adalah olahraga yang sah, mengatakan bahwa setengah jam jogging plus memungut sampah akan membakar 288 kalori untuk rata-rata orang, dibandingkan dengan 235 kalori yang terbakar hanya dari jogging saja. Jalan cepat sendiri akan membakar sekitar 120 kalori. Plus, membungkuk untuk mengambil sampah yang berserakan memungkinkan seseorang untuk mendapatkan beberapa manfaat dari gerakan squats dan lunges.

Tentu saja, akan lebih baik jika Anda datang dengan menyiapkan kantong sampah, tapi Anda bisa selalu berimprovisasi, misalnya dengan menggunakan kantong serbaguna yang dipasang di pinggang Anda, atau memanfaatkan tas ransel lama Anda. Yang Anda perlukan untuk plogging adalah sepatu lari, tas atau kantong untuk sampah, dan idealnya sepasang sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari sampah yang lebih kotor yang Anda temui di sepanjang rute yang Anda lalui.

Dan sebagai imbalan atas usaha Anda, Anda akan diberi hadiah kesehatan atas olahraga yang Anda lakukan terhadap kaki Anda, otot inti Anda (dari semua gerakan jongkok seperti burpee serta membungkuk untuk memungut bungkus rokok dan kaleng minuman yang dibuang sembarangan), dan dorongan semangat untuk jiwa Anda. Lagi pula, Anda juga membantu melindungi lingkungan.