Nutrition Tips | NUTRITION | 3 months ago
Tren Makanan Sehat Yang Benar-benar Sehat Dan Yang Hanya Sekadar Hype
Dari kaldu tulang hingga kombucha, para ahli menimbang makanan trendi mana yang seharusnya Anda konsumsi.
07 August 2018 17:18
Text by Astri Suciati

Sulit untuk mengabaikan semua yang Anda dengar tentang makanan kekinian. Kami merangkum informasi dari para ahli untuk mencari tahu mana yang benar-benar layak dan mana yang tidak.

 

Kombucha

 

Klaim: Meningkatkan kesehatan usus

Minuman probiotik ini terkait dengan kesehatan pencernaan yang lebih baik, sistem kekebalan yang meningkat, dan penurunan peradangan otot. Tapi baca labelnya. “Kombucha dapat memiliki rasa seperti cuka, jadi beberapa merek menambahkan gula untuk membuatnya lebih enak,” kata Bonnie Taub-Dix, R.D.N. Bahwa menambahkan gula dapat melebihi manfaat probiotik: “Pilih merek yang memiliki dua gram gula atau kurang, dan perhatikan ukuran penyajian. Beberapa botol memiliki saran penyajian dua porsi,” katanya.

 

Kesimpulan: Sehat

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari probiotik, sebaiknya Anda juga memasukkan yogurt dan makanan fermentasi lainnya ke dalam diet Anda.

 

Kaldu tulang

 

Klaim: Kesehatan sendi yang lebih baik

Terbuat dari tulang dan jaringan ikat binatang yang dipanggang, kaldu tulang disebut-sebut sebagai sumber kolagen, yang merupakan protein yang membantu membangun tulang, tendon, ligamen, dan kulit.

"Keyakinan bahwa kolagen dalam kaldu tulang akan meningkatkan pembentukan kolagen (dan secara langsung berdampak pada kesehatan sendi) adalah pemikiran yang tidak benar," kata William H. Percy, Ph.D., dari University of South Dakota. "Sistem pencernaan kita memecah kolagen dalam kaldu tulang menjadi asam amino individual, dan ini akan digunakan di mana pun mereka dibutuhkan."

Dalam kasus nyeri sendi, beberapa penelitian yang telah memeriksa hal tersebut dilakukan dengan suplemen kolagen murni tingkat tinggi pada orang dengan kondisi yang melemahkan seperti osteoarthritis - bukan pelari rata-rata yang sakit setelah jangka panjang. Dan karena itu bukan makanan yang dianjurkan, konten nutrisinya dapat bervariasi, sehingga mustahil untuk mengetahui berapa banyak kolagen yang sebenarnya Anda dapatkan.

 

Kesimpulan: Hype

Meskipun kaldu tulang bukan makanan yang dapat menyembuhkan semua penyakit, namun kaldu ini mengandung protein dan elektrolit yang tinggi, membuatnya baik untuk pemulihan.

 

Es krim rendah kalori

 

Klaim: Kenikmatan tanpa rasa bersalah

Es krim rendah kalori dan berprotein tinggi hingga 24 gram protein dan sedikitnya 280 kalori per pint. Beberapa merek, secara teknis masih es krim (setidaknya mengandung 10 persen lemak susu). Namun pilihan sehat ini mungkin tidak begitu sehat.

Salah satu bahaya yang sebenarnya adalah orang akan makan berlebihan es krim ini karena mereka memiliki pola pikir bahwa ini baik untuk mereka, kata Marni Sumbal, R.D. Anda juga bisa makan lebih banyak untuk merasa kenyang. Sebagian besar porsi adalah 1/2 cup, jadi jika Anda makan satu atau dua pint, Anda masih mengonsumsi kalori berlebihan.

Makanan penutup beku yang rendah kalori sering memiliki pemanis rendah kalori atau nol kalori, seperti monk fruit dan stevia. Meskipun bahan-bahan ini menghemat kalori orang, mereka tidak terikat dengan penurunan berat badan jangka panjang, menurut sebuah penelitian di Canadian Medical Association Journal. Dan protein itu? Kebanyakan orang sehat sudah cukup mendapatkan protein melalui diet seimbang.

 

Kesimpulan: Hype

Seperti semua makanan penutup, es krim rendah kalori dan makanan beku harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

 

Biji-bijian berkecambah

 

Klaim: Karbohidrat yang bernilai tambah

Tren makanan kemasan baru: membuat makanan biasa — granola, keripik tortilla, tepung, roti — dengan biji-bijian bertunas, yang berarti biji-bijian yang telah berkecambah. Proses ini dapat meningkatkan kadar antioksidan, protein, folat, dan vitamin C pada makanan, kata Molly Kimball, R.D.

Penelitian masih belum mengetahui apakah biji-bijian berkecambah dapat meningkatkan kinerja atletik, tetapi karena hanya biji-bijian utuh yang dapat berkecambah (dibandingkan yang disuling), Anda cenderung makan lebih sehat saat memilih yang berkecambah.

 

Kesimpulan: Sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa roti yang terbuat dari biji-bijian berkecambah dapat menjaga tingkat energi Anda stabil dan bahkan bisa lebih mudah dicerna di perut Anda.

 

Air bernutrisi

 

Klaim: Menghidrasi lebih baik

Air kaktus, semangka, dan maple sedang menjadi tren di Instagram. Sementara mereka semua secara inheren menghidrasi, sebagian besar keuntungan lainnya adalah berkat pemasaran. Ya, banyak dari minuman ini dapat memasok nutrisi seperti kalsium atau vitamin C, tetapi levelnya sangat rendah, kata Kimball.

Dan jangan biarkan kata "air" membodohi Anda dengan berpikir bahwa mereka tidak mengandung kalori, kata Kimball. Orang-orang mungkin lupa tentang kalori dalam air bernutrisi ini, tetapi jika Anda minum beberapa botol sehari alih-alih air biasa, kalori ekstra itu bertambah, katanya. Satu porsi air semangka, misalnya, mengandung 12 gram gula. Sebagai gantinya, cobalah menambahkan irisan buah atau mentimun ke dalam air minum biasa Anda untuk menambahkan rasa.

 

Kesimpulan: Hype

Tetaplah dengan air biasa, dan konsumsi minuman olahraga jika Anda membutuhkan kalori ekstra atau elektrolit untuk berolahraga di cuaca panas selama 60 menit atau lebih lama.

 

Minyak kelapa

 

Klaim: Meningkatkan penurunan berat badan

Beberapa penelitian menyatakan bahwa trigliserida rantai menengah (TRM) minyak kelapa mungkin lebih mudah untuk dibakar daripada disimpan sebagai lemak tubuh. Tapi jangan keburu senang: “Minyak kelapa mengandung kadar TRM yang jauh lebih rendah daripada yang telah digunakan dalam penelitian untuk meningkatkan metabolisme dan penurunan berat badan, jadi Anda tidak dapat berasumsi itu akan memiliki dampak yang sama,” kata Sumbal.

Para pelaku diet juga mengklaim bahwa minyak kelapa meningkatkan perasaan kenyang, membuat Anda makan lebih sedikit. Tapi studi 2017 di European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minyak kelapa melakukan pekerjaan yang lebih buruk dalam menjinakkan rasa lapar daripada minyak zaitun dan tidak berdampak pada metabolisme pembakaran lemak.

 

Kesimpulan: Hype

"Hanya menambahkan minyak kelapa padat kalori ke diet Anda tanpa memangkas kalori dari makanan lain akan menyebabkan kenaikan berat badan," kata Sumbal. Sebagai gantinya, fokuskan ukuran porsi Anda, yang masih dapat mencakup sedikit minyak kelapa.

 

Susu dan daging grass-fed

 

Klaim: Mengandung kekuatan Omega-3

Penelitian menunjukkan bahwa daging dari sapi yang diberi makan rumput memberi Anda kadar yang lebih rendah akan lemak jenuh dan lemak omega-6 yang menginduksi peradangan, serta kadar yang lebih tinggi akan vitamin E, beta-karoten, dan omega-3 yang menyehatkan jantung. Makanan lain, seperti kacang kenari dan salmon, lebih tinggi dalam vitamin E dan omega-3, tetapi untuk daging atau susu, grass-fed adalah cara yang baik untuk dikonsumsi, kata Taub-Dix.

 

Kesimpulan: Sehat

Buatlah burger dan susu cokelat pasca latihan Anda dengan memilih bahan-bahan yang lebih mahal seperti susu dan daging grass-fed ini. Pastikan saja labelnya mengatakan “100 persen grass-fed” atau disertifikasi oleh otoritas grass-fed setempat.