Nutrition Tips | NUTRITION | 8 months ago
Tren Superfood Dan Nutrisi Sehat Di Tahun 2018
Inilah yang diprediksi dan diharapkan dari tren makanan sehat di tahun 2018.
05 March 2018 14:46
Text by Astri Suciati

Industri makanan sehat itu seperti mode fashion: setiap tahun tren baru dan makanan super muncul dan memenuhi feed Instagram serta rak-rak di toko makanan sehat. Banyak dari makanan ini, seperti musiman, memudar seiring berjalannya waktu, entah karena fakta nutrisi yang baru ditemukan atau hanya karena kebosanan.

Untuk memahami makanan super baru mana yang akan tetap ada, inilah yang diprediksi dan diharapkan dari tren makanan sehat di tahun 2018.

 

Herbal untuk meningkatkan fungsi kognitif dan penguat kesehatan usus

Penelitian seputar omega-3 untuk kesehatan otak yang optimal sudah cukup solid. Namun, ada spekulasi seputar ramuan herbal seperti ginkgo dan StJohn's wort mengenai bagaimana tanaman herbal ini bisa bermanfaat bagi kemampuan kognitif kita. Makanan untuk kesehatan usus juga diprediksi terus mendaki tren tangga makanan sehat untuk tahun 2018. Meskipun kesehatan usus sangat penting dan terkait dengan sejumlah komplikasi kesehatan, Anda tidak perlu repot mencari makanan probiotik terbaik untuk menjaga kesehatan usus Anda. Jika Anda memiliki masalah kesehatan usus, bicaralah dengan ahli gizi atau ahli kesehatan lainnya untuk mengatasi dan merencanakan diet sehat khusus untuk Anda.

 

Diet keto dan sayuran super padat nutrisi

Gaya hidup keto akan semakin menarik di tahun 2018. Orang-orang mulai melihat bahwa diet yang berfokus pada sayuran non-tepung, telur, dan daging, memberi hasil kesehatan yang jauh lebih baik daripada diet tinggi karbohidrat dan rendah lemak. Di tahun ini, kita akan terus melihat makanan biasa berubah menjadi versi yang lebih sehat dan rendah karbohidrat, menggunakan sayuran super padat nutrisi seperti kembang kol, kale, dan banyak lagi.

 

Makanan rumahan dan makanan sehat ramah usus: makanan fermentasi, jamur dan kedelai

Kita akan melihat tren makanan sehat dan nutrisi yang berlanjut pada tahun 2018 ini dengan meningkatnya masakan rumahan dengan menggunakan bahan-bahan segar, hangat dan sehat. Kita akan melihat fokus utama pada makanan yang dapat dengan mudah dibuat di rumah dengan keluarga dan teman. Kata kuncinya adalah seputar kemudahan persiapan, kenyamanan, perasaan kenyang, dan kesadaran akan kesehatan terutama tentang kesehatan pencernaan. Makanan super 2018 akan menjadi makanan ramah usus termasuk makanan fermentasi, jamur, dan kedelai.

 

Diet bebas gula

Ini memang bukan makanan yang spesifik, tapi makanan yang bebas gula (atau rendah gula) merupakan tren penting dan positif. Orang-orang yang sudah mengurangi konsumsi gula menemukan manfaat yang sangat besar dari kebiasaan tersebut, termasuk merasa lebih baik, makan dengan lebih baik, bahkan merasa makan makanan menjadi lebih enak padahal sedang menjalani diet bebas gula. Ada banyak manfaat kesehatan utama dari mengonsumsi lebih sedikit gula. Atur kembali kadar gula dalam makanan Anda sehingga Anda dapat benar-benar merasakan dan menghargai makanan yang ditemukan di alam.

 

Jamur fungsional

Jamur fungsional adalah jamur obat. Dengan kata lain, adalah jenis jamur tertentu yang memiliki khasiat obat dan sering ditambahkan ke berbagai produk kesehatan. Contoh jamur fungsional meliputi Shiitake, Cordiceps, Enoki, Reishi.

Berbagai jenis jamur yang berbeda telah digunakan oleh tabib di Cina dan Jepang selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Dengan jamur shiitake, reishi dan maitake yang paling sering disebut, varietas jamur yang biasa dimasak ini diketahui dapat meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Dengan demikian, akan ada banyak jenis bubuk jamur dan minuman suplemen berbahan jamur yang dipromosikan untuk kemampuan penyembuhan dan peningkatan kekebalan tubuh. Dan, bersiaplah juga untuk melihat kopi jamur di kafe favorit Anda segera.

 

Serbuk superfood seperti kunyit, kolagen dan spirulina

Serbuk superfood ini tidak lain adalah makanan sehat kesukaan Anda dalam bentuk bubuk dan konsentrasinya. Mereka biasanya dibuat dari bahan baku segar yang dikeringkan dan diproses menjadi bubuk halus. Melalui metode ini semua nutrisi yang dibutuhkan (mineral, antioksidan, bioflavonoid dll) tetap utuh.

 

Tetap sederhana: buah dan sayuran segar, protein tanpa lemak, dan lemak nabati

Karena hal-hal terkait nutrisi ini masih dan selalu tumbuh, ada begitu banyak tren makanan sehat baru. Namun, tren tersebut, terutama yang beberapa diantaranya ditemukan memiliki sedikit informasi ilmiah yang mendukungnya, selalu berakhir keluar dari tren. Lalu apa yang tidak pernah ketinggalan gaya? Yaitu menjalani diet yang penuh dengan buah dan sayuran segar, protein tanpa lemak, dan lemak nabati.

Semenarik apapun tren baru, mereka akan keluar dari tren gaya hidup karena suatu alasan. Hal terbaik yang harus dilakukan demi tujuan kesehatan Anda tahun ini adalah dengan hanya belajar memasak makanan segar dan sehat. Pergilah ke pasar, belilah produk segar, atau ambil kelas memasak. Pelajari bagaimana cara menyesuaikan gaya hidup sehat, daripada membeli tren baru yang mengklaim bisa menyelesaikan semua masalah kesehatan Anda.