Wellbeing | WELLBEING | 1 year ago
Ubah Hidupmu Untuk Meningkatkan Kesehatanmu Mulai Hari Ini
Ubah hidupmu, tingkatkan kesehatanmu mulai sekarang
20 September 2017 19:31
Text by Webmaster

Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Ingin lebih sehat tapi bingung cara memulainya? Pakar kesehatan dan ahli nutrisi, Jan McLeod punya beberapa tips mudah yang dapat Kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, dimulai dari hari ini.


Matikan Ponsel Sebelum Tidur

Smartphone dan komputer menghasilkan cahaya kebiruan yang dapat menganggu sistem di dalam tubuh. Cahaya dari perangkat tersebut menekan produksi melatonin, dimana hormon ini dibutuhkan untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Tapi Kamu tidak perlu panik. McLeod mengungkapkan bahwa ponsel masih bisa digunakan dua jam sebelum tidur kemudian baru dimatikan untuk membuat pikiranmu lebih tenang.


Sarapan Penuh Energi

Menkonsumsi roti gandum panggang dengan irisan tomat serta telur atau semangkuk bircher muesli dikombinasikan dengan yogurt dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Hasilnya Kamu akan merasa lebih kenyang sehingga Kamu tidak ingin makan cemilan yang manis. Terlebih lagi kalau Kamu sarapan oats, yang memiliki kandungan asam amino tryptophan, pelopor serotonin- Kamu bisa merasa lebih ceria dan berenergi.


Tarik Nafas

Stress bisa mengganggu kesehatanmu, membuat berat badanmu naik dan masih banyak lagi masalah lainnya. Karena itu McLeod merekomendasikan cara jitu untuk mengendalikan permasalahan tersebut, yaitu menghentikan aktivitasmu sejenak dan tarik nafas secara perlahan. Hitung sampai dua saat menarik nafas dan hitung sampai empat saat mengeluarkannya. Cara ini sudah terbukti efektif. Sebuah penelitian oleh Himalayan Institute of Medical Sciences menemukan bahwa menarik nafas dalam dapat menurunkan tekanan darah. Jadi cara ini bisa Kamu coba.


Konsumsi Serat

Serat sangat penting dalam memelihara kesehatan secara optimal dengan cara melancarkan pergerakan usus secar teratur dan membantu menghilangkan kolesterol dari tubuh. Serat juga mampu meningkatkan rasa kenyang setelah makan dan menghalau efek glikemik dari makanan sehingga kadar glikemik pun menurun. Perbanyak konsumsi buah dan sayur atau gunakan suplemen mengandung serat untuk mendapatkan asupan serat yang direkomendsikan yaitu 25 hingga 30 gram setiap hari. Psylium husk merupakan supplemen yang bisa digunakan untuk menambah asupan serat dan Kamu bisa menambahkannya dengan mudah dengan ke smoothie atau jus buah favoritmu.


Tin

Pastikan makanan yang Kamu konsumsi setiap hari terdiri dari 50 persen sayuran, 25 persen karbohidrat dan 25 persen protein. Tubuh selalu berusaha untuk mencapai keseimbangan. Untuk itu tubuh perlu mendapatkan asupan makanan seimbang yang mengandung gizi seimbang pula. Dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang setiap hari, tubuh dapat mendapatkan asupan yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan agar tetap sehat dan kuat.