How To Lose Weight | WEIGHT LOSS | 10 months ago
Waktu Terbaik Makan Makanan Tertentu Untuk Menurunkan Berat Badan
Saat kita berbicara tentang diet, tidak hanya termasuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung kalori rendah tapi juga waktu konsumsi yang tepat.
08 January 2018 17:58
Text by Astri Suciati

Obesitas adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi generasi sekarang. Hal ini karena orang lebih cenderung mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan yang siap dimasak. Makanan olahan semacam itu mengandung sodium dan kalori yang tinggi, yang dapat memiliki efek merugikan jika dikonsumsi secara berkala.

Untuk membakar ekstra kilogram ini, penting bagi seseorang mengikuti sesi latihan yang ketat bersamaan dengan mempertahankan diet yang tepat. Saat kita berbicara tentang diet, tidak hanya termasuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung kalori rendah tapi juga waktu konsumsi yang tepat.

Oleh karena itu, diet Anda harus memasukkan jumlah nutrisi yang tepat pada saat yang tepat untuk mendapatkan figur jam pasir yang Anda idamkan. Diet seimbang dan tepat waktu juga memberi energi yang cukup bagi tubuh Anda untuk melakukan semua aktivitas eksternal dan internal Anda.

Di bawah ini adalah daftar makanan tertentu yang biasa dikonsumsi orang Indonesia, yang perlu kita konsumsi dalam diet teratur kita pada waktu yang tepat untuk mengurangi berat badan.

 

Nasi

Banyak dari kita memiliki kesalahpahaman bahwa nasi menyebabkan kenaikan berat badan. Tapi, sebaliknya, nasi mengandung cukup banyak karbohidrat yang diperlukan untuk fungsi tubuh kita. Konsumsi semangkuk kecil nasi untuk makan siang. Tapi untuk makan malam, coba hilangkan dari daftar. Ini karena jika nasi dikonsumsi sesaat sebelum tidur, bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Batasi jumlah nasi yang Anda konsumsi dan seimbangkan dengan makanan lainnya.

 

Sayuran

Orang Indonesia menyukai makanan pedas dan berbumbu, dan karena itu mereka cenderung memasak sayuran dengan rempah-rempah agar lebih enak. Tapi, dalam proses ini, nutrisi penting dari sayuran bisa hilang. Karena itu, rebuslah sayuran atau gunakan sedikit bumbu dalam sayuran untuk diet Anda. Konsumsi maksimal dua porsi sayuran yang kaya serat untuk makan siang dan makan malam Anda. Hindari konsumsi sayuran di pagi hari untuk sarapan.

 

Teh atau kopi

Secangkir teh / kopi hangat di awal pagi di musim hujan yang dingin mungkin tampaknya cara yang tepat untuk memulai hari Anda, tapi karena kadar kortisol yang tinggi selama jangka waktu ini, sebaiknya hindari kafein. Lebih baik minum kopi setelah sarapan pagi dan sore hari. Hindari kopi sebelum tidur, karena bisa menyebabkan gangguan tidur. Demikian pula, secangkir teh hijau mungkin merupakan pilihan terbaik untuk menjalani program penurunan berat badan, namun penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsinya pada saat perut kosong dapat mempengaruhi organ hati Anda. Karena itu, konsumsi 2 jam setelah sarapan pagi dan paling tidak 4 jam sebelum tidur.

 

Ikan

Ikan merupakan sumber penting vitamin dan asam lemak omega-3. Ini membantu untuk memuaskan rasa lapar Anda dan mencegah Anda untuk mengonsumsi kalori ekstra. Anda bisa mengonsumsi seporsi ikan untuk makan siang dengan nasi atau ikan panggang dengan sayuran berdaun hijau untuk makan malam. Hindari makan terlalu banyak ikan pedas atau kari, karena jenis masakan itu dapat menghilangkan nutrisi penting.

 

Ayam

Ayam, apakah direbus atau dipanggang atau disajikan dengan kari, merupakan salah satu hidangan utama yang disajikan oleh orang Indonesia. Anda dapat mengonsumsi sedikit ayam pedas untuk makan siang Anda atau mengonsumsinya dalam sup Anda untuk malam hari. Anda bahkan bisa memasak ayam rebus dengan banyak sayuran hijau dengan sedikit garam, lada, dan minyak zaitun untuk makan malam. Ayam mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Selain itu, ayam adalah sumber makanan kaya protein yang meningkatkan mekanisme tubuh.

 

Roti

Roti merupakan bahan sarapan yang sempurna untuk memuaskan rasa lapar Anda dalam rentang waktu yang lebih lama. Ini adalah sumber makanan kaya karbohidrat. Jika Anda menjalani sesi penurunan berat badan, pilihlah untuk membeli roti gandum utuh. Studi mengungkapkan bahwa dua potong roti panggang untuk sarapan dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan alami dan mengurangi rasa lapar. Namun, mengonsumsi roti di malam hari bisa menyebabkan masalah pencernaan. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengonsumsinya di pagi hari.

 

Buah-buahan

Buah bisa dimakan kapan saja, dari pagi sampai malam. Semuanya tergantung pada apa yang Anda makan dan berapa jumlahnya. Sering dikatakan bahwa mengonsumsi buah sesaat setelah minum segelas air bisa memberi manfaat potensial. Anda bahkan bisa menyimpannya untuk makanan ringan di malam hari atau memakannya saat perut Anda kelaparan di tengah malam. Tapi ingatlah untuk menjaga jarak sekitar setengah jam di antara makan buah dan makanan utama Anda. Buah adalah sumber vitamin dan antioksidan yang sehat, yang memuaskan rasa lapar dan membantu penurunan berat badan.

 

Kacang-kacangan

Kacang bertindak sebagai pembangkit tenaga tubuh kita. Ukurannya kecil tapi penuh energi dan bisa menenangkan rasa lapar Anda. Meski kacang mengandung lemak, seporsi kecilnya setiap hari tidak berbahaya. Yang terbaik adalah mengonsumsi kacang di pagi hari saat sarapan. Ini akan membantu dalam mengendalikan tingkat tekanan darah Anda dan menghilangkan kolesterol jahat. Untuk pagi hari, konsumsilah kacang almond yang sudah direndam dalam air semalaman. Sebagai camilan sore, Anda bisa menyiapkan semangkuk kecil pistachio, kacang mete, dan kacang pinus, yang akan meningkatkan energi Anda. Anda bisa mengonsumsi kenari, kurma, dan plum sebelum tidur, karena mengandung serat dalam jumlah tinggi, yang memudahkan proses pencernaan.

 

Susu

Susu adalah salah satu elemen penting untuk dimasukkan dalam diet teratur kita, karena ini adalah sumber minuman kaya kalsium, vitamin A, K dan B12, potasium, sodium, dan fosfor. Nutrisi vital seperti itu saat dikonsumsi di pagi hari, memberi energi yang cukup bagi tubuh Anda sepanjang hari. Minum susu sebelum tidur juga membantu dalam relaksasi dan meningkatkan tidur yang nyenyak. Susu juga membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama dan mencegah hasrat makan yang terlalu dini.

 

Telur

Telur adalah salah satu makanan yang paling lezat dan sehat. Entah itu direbus, digoreng, atau dicampur di dalam kari, dari anak-anak sampai dewasa semua orang suka makan telur. Cara terbaik adalah mengonsumsi telur untuk sarapan Anda. Usahakan untuk menghindarinya pada waktu malam hari, karena bisa menyebabkan kembung. Jika Anda sedang menjalani sesi latihan, maka konsumsilah telur rebus sekitar 30 - 45 menit setelah sesi latihan usai.

 

Jus jeruk

Segelas jus jeruk segar dapat menambahkan nutrisi ekstra ke tubuh dan memberikan sejumlah vitamin C dalam tubuh. Tapi karena jeruk mengandung sejumlah besar asam sitrat, sebaiknya dihindari pada malam hari. Mengonsumsinya di malam hari dapat menyebabkan keasaman dan gangguan pencernaan.

 

Salad

Sepiring penuh salad sayuran hijau yang dipadukan dengan ayam rebus, atau ikan tuna bisa menjadi diet makan siang Anda. Ini mengandung sejumlah besar serat, karbohidrat, vitamin, dan lain-lain, yang diperlukan untuk tubuh kita. Rupanya, terbukti bahwa mengonsumsi sepiring salad sebelum makan siang meningkatkan jumlah kandungan sayuran dalam diet kita sebesar 23 persen. Bahkan mengonsumsi salad pada malam hari akan meningkatkan proses pencernaan dan membuat tidur nyenyak.

 

Dessert

Makanan pencuci mulut seperti bubur, manisan, puding sampai custard dan es krim, orang Indonesia menyukai makanan penutup apa pun yang disajikan setelah makan. Ini meningkatkan selera di lidah bahkan lebih. Namun penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dessert setelah petang tidak membakar cukup kalori dan menyebabkan penambahan berat badan. Namun, itu semua tergantung dari jumlah makanan yang Anda konsumsi. Dan ingat untuk menghindari es krim di malam hari, bukan hanya karena Anda bisa terserang pilek tapi tingginya kalori yang dikandungnya bisa menyebabkan obesitas.

 

Sandwich

Sambil memikirkan diet yang tepat yang bisa menurunkan berat badan, Anda bisa memilih sandwich untuk makan siang. Tapi pastikan Anda memiliki bahan yang sehat di sandwich Anda. Buat lapisan selada beserta mentimun dan tomat, tambahkan selai kacang untuk rasa dan padukan dengan lapisan dada ayam rebus atau irisan telur rebus. Ini bukan hanya menggugah selera tapi akan memberikan jumlah energi yang cukup untuk tubuh.

 

Pasta

Pasta merupakan salah satu makanan favorit generasi sekarang. Beberapa lebih memilih pasta untuk makan siang dan makan malam juga. Mengonsumsi pasta dengan banyak sayuran dan ayam rebus untuk makan siang bisa menjadi makanan yang sehat dan enak. Tapi mengonsumsinya untuk makan malam bisa memperlambat proses pencernaan dan menaikkan berat badan.

 

Pizza

Pizza, meski bukan makanan pokok orang Indonesia, kini banyak dikonsumsi oleh mayoritas anak muda. Meskipun mengandung sejumlah besar kalori karena bahan-bahan yang ada di dalamnya, mengonsumsinya pada siang hari tidak menimbulkan banyak risiko jika Anda berolahraga untuk membakar kalorinya di malam hari. Tapi mengonsumsinya di malam hari untuk makan malam dapat menyebabkan penyakit jantung dan tidur yang terganggu.

 

Mie

Mie adalah makanan berat dan lebih disukai untuk dimakan saat makan siang atau makan malam. Mie rebus dengan semangkuk sup ayam dan sayuran merupakan pilihan makan malam yang sehat. Namun, yang terbaik adalah menghindari mie goreng, terutama mie instan. Mie semacam itu mengandung sejumlah besar kalori dan menyebabkan obesitas.

 

Jadi, memang penting mengonsumsi makanan dalam jumlah tepat pada waktu yang tepat, sehingga kita bisa melawan obesitas dan menikmati gaya hidup sehat dan aktif.