Madu dan almond memberikan rasa pada cake yang sederhana dan bebas gluten ini. Sangat cocok untuk teman minum teh di sore hari atau sajian dessert saat libur bersama keluarga. 

" /> Fabfit : Flourless Honey Almond Cake
Moderate | Dessert | 6 months ago
Flourless Honey Almond Cake
Madu dan almond memberikan rasa pada cake yang sederhana dan bebas gluten ini. Sangat cocok untuk teman minum teh di sore hari atau sajian dessert saat libur bersama keluarga. 
09 May 2018 04:06
Recipe by Astri Suciati
Preparation Time 20 min(s)
Cooking Time 100 min(s)
Total Time 120 min(s)
Difficulty Moderate
Serves 10 people
NUTRITION FACTS (Per Servings)
calories 234 kcal
fat 14 g
saturated fat 1 g
mono fat 8 g
cholesterol 85 mg
carbohydrates 22 g
fibre 3 g
protein 8 g
sodium 208 mg
potassium 54 mg
INGREDIENTS
almond utuh, panggang 1 1/2 cup
telur besar, pisahkan antara putih dan kuningnya 4 butir
madu 1/2 cup
ekstrak vanili 1 sendok teh
soda kue 1/2 sendok teh
garam 1/2 sendok teh
madu 2 sendok makan
irisan almond, panggang 1/4 cup
STEPS

1.

Panaskan oven hingga 180°C. Lapisi Loyang cake pan (yang alasnya bisa dilepaskan) dengan cooking spray. Lapisi bagian bawahnya dengan kertas roti dan semprot juga dengan cooking spray.

2.

Giling almond utuh dalam food processor atau blender hingga tergiling halus (Anda akan mendapatkan sekitar 1 3/4 cup almond giling). Kocok 4 kuning telur, ½ cup madu, vanili, soda kue, dan garam dalam mangkuk mixing besar dengan mixer listrik (atau gunakan paddle attachment pada stand mixer) dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata. Tambahkan kacang almond giling dan kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur.

3.

Kocok 4 putih telur dalam mangkuk besar lain dengan mixer (gunakan pengocok yang bersih pada hand-held mixer atau whisk attachment pada stand mixer) pada kecepatan sedang sampai sangat berbusa, berwarna putih dan mengembang dua kali lipat volumenya, tapi tidak terlalu kaku di permukaannya, selama 1 hingga 2 menit (tergantung pada jenis mixer). Dengan menggunakan spatula karet, perlahan-lahan sisipkan putih telur ke dalam campuran kacang almond sampai tercampur. Tuangkan adonan ke dalam cake pan yang sudah disiapkan.

4.

Panggang cake sampai cokelat keemasan sekitar 28 menit. Pastikan cake matang dengan cara memasukkan tusuk gigi ke tengah adonan lalu keluarkan, bila tusuk gigi bersih tanpa sisa adonan yang menempel berarti sudah matang. Biarkan dingin di dalam pan selama 10 menit. Kemudian perlahan lepaskan pan dari alasnya, dan biarkan dingin sepenuhnya.

5.

Jika diinginkan, keluarkan cake dari alas pan dengan perlahan-lahan menyisipkan spatula besar dan lebar di antara cake dan kertas roti. Hati-hati saat memindahkan cake ke piring saji. Untuk penyajian, siram bagian atas cake dengan madu dan taburi dengan irisan almond.

6.

TIPS: Untuk memanggang almond utuh, masukkan kacang almond di atas loyang dan panggang di suhu 180°C, aduk sekali, sampai harum, selama 7 hingga 9 menit. Untuk memanggang irisan almond, masak dalam wajan kecil tanpa minyak di atas api sedang-rendah, aduk terus, hingga harum dan agak kecokelatan, selama 2 hingga 4 menit. Catatan lain: Telur harus berada pada suhu kamar agar kondisi proteinnya cukup baik untuk mendukung tekstur cake. Bila telur berasal dari kulkas, keluarkan dan diamkan selama 15 menit atau masukkan ke dalam mangkuk berisi air hangat (bukan panas) dan rendam selama 5 menit sebelum digunakan.