Moderate | Dessert | 1 year ago
Nanas Panggang dengan Ketan Hitam Bersantan
Perpaduan ketan hitam dan nanas menjadikan resep ini cocok buat cemilan sehat. Coba yuk!
22 December 2017 13:10
Recipe by Astri Suciati
Preparation Time 30 min(s)
Cooking Time 30 min(s)
Total Time 60 min(s)
Difficulty Moderate
Serves 2 people
INGREDIENTS
air 1 1/2 gelas
ketan hitam 1 cup
santan kelapa 14 ons
bubuk kapulaga 1/2 sdt
gula aren 3 sdm
nanas 1 buah
STEPS

1.

Campurkan air dan beras ketan dalam panci sedang. Didihkan, kurangi panasnya agar mendidih dengan pelan, tutup dan masak sampai beras telah menyerap semua air, sekitar 20 menit. Beras harus dimasak namun masih agak keras.

2.

Masukkan santan ke dalam panci sedang dan didihkan. Kurangi panasnya sampai sedang-rendah, tambahkan kapulaga, gula dan garam. Aduk sampai gula dan garam larut. Sisihkan ¾ cangkir santan yang sudah dibumbui. Masukkan beras ketan ke dalam panci dengan santan berbumbu yang tersisa, didihkan kembali dengan pelan, tutup dan masak sampai beras ketan menjadi lembut dan menyerap hampir semua cairan, sekitar 15 menit.

3.

Sementara itu, panaskan panggangan dengan api besar. Oleskan minyak pada rak panggangan. Panggang irisan nanas sampai sedikit hangus dan melunak, 1 sampai 2 menit per sisi. Pindahkan ke talenan; diamkan sampai cukup dingin, kemudian potong-potong.

4.

Sajikan ketan dan nanas dengan santan yang sudah disisihkan dan siram di atasnya. Sajikan panas atau pada suhu kamar. Untuk 6 porsi. Tips variasi: ketan putih dapat menggantikan ketan hitam, tapi waktu memasak pada Langkah 1 akan memakan waktu selama 12 sampai 15 menit dan, pada Langkah 2, selama 10 sampai 15 menit. Periksa beras selama dimasak untuk mencegah hangus.