Puding dari sagu mutiara dan buah-buahan segar ini cocok untuk dinikmati saat buka puasa atau di hari-hari lain sebagai sajian yang menyejukkan di siang hari yang panas. Anak-anak pun pasti suka.

" /> Fabfit : Puding Mutiara dan Buah Tropis
Easy | Dessert | 1 year ago
Puding Mutiara dan Buah Tropis
Puding dari sagu mutiara dan buah-buahan segar ini cocok untuk dinikmati saat buka puasa atau di hari-hari lain sebagai sajian yang menyejukkan di siang hari yang panas. Anak-anak pun pasti suka.
20 December 2017 13:40
Recipe by Astri Suciati
Preparation Time 255 min(s)
Cooking Time 15 min(s)
Total Time 270 min(s)
Difficulty Easy
Serves 6 people
NUTRITION FACTS (Per Servings)
energy 1581 kj
fat 12 g
saturated fat 10 g
protein 3 g
sodium 18.97 mg
sugar 33 g
carbohydrates 63 g
INGREDIENTS
sagu mutiara 200 gram
santan kelapa 400 gram
air 250 ml
gula aren cincang 80 gram
daun pandan 2 helai
pisang 3 buah
gula aren parut 2 sdm
air 1 sdm
biji wijen 1 sdm
mangga 1 buah
nanas 1/2 buah
STEPS

1.

Tempatkan sagu mutiara dalam mangkuk besar dan rendam dengan air dingin selama 2 jam. Lalu saring dengan saringan halus. Masak dalam panci besar dengan air mendidih selama 10 menit atau sampai warnanya menjadi buram. Kemudian tiriskan.

2.

Sementara itu, campurkan santan, 250 ml air, gula aren cincang dan daun pandan yang diikat menjadi simpul dalam panci besar dengan api kecil. Masak dan aduk selama 5 menit atau sampai gula menjadi larut dan tercampur. Tambahkan mutiara dan aduk perlahan agar merata. Angkat dari api dan sisihkan hingga agak dingin. Tambahkan pisang yang sudah dipotong-potong tebal dan pindahkan ke mangkuk dan tutup dengan plastic wrap. Masukkan di lemari es agar dingin.

3.

Untuk membuat sirup wijen, campurkan gula aren parut dan 1 sdm air di penggorengan kecil di atas api yang cukup besar. Masak dan aduk selama 2 menit atau sampai gula menjadi larut. Tambahkan biji wijen dan masak sambil diaduk selama 2 menit atau hingga menjadi sirup yang mengental.

4.

Angkat dan buang daun pandan dari puding. Sendokkan puding ke dalam mangkuk saji. Sajikan di atasnya dengan irisan tipis mangga dan nanas dan bubuhi dengan sirup wijen.