Makan mie ramen yang enak dan sehat tak perlu mahal-mahal ke restoran Jepang. Anda juga bisa membuatnya sendiri kok. Ini dia resepnya.

" /> Fabfit : Ramen Miso dengan Daging Sapi Jamur dan Sayuran Hijau
Moderate | Lunch | 1 year ago
Ramen Miso dengan Daging Sapi Jamur dan Sayuran Hijau
Makan mie ramen yang enak dan sehat tak perlu mahal-mahal ke restoran Jepang. Anda juga bisa membuatnya sendiri kok. Ini dia resepnya.
20 December 2017 01:30
Recipe by Astri Suciati
Preparation Time 10 min(s)
Cooking Time 20 min(s)
Total Time 30 min(s)
Difficulty Moderate
Serves 4 people
NUTRITION FACTS (Per Servings)
energy 316 kcal
fat 10 g
saturated fat 2.2 g
sugar 9.4 g
salt 1.4 g
carbohydrates 30 g
protein 21.3 g
fibre 3.6 g
INGREDIENTS
pasta miso 2 sdm
jahe 1 potongan
bunga lawang 1 buah
mie udon 150 gram
sirloin steak 2 potongan
minyak zaitun 2 sdm
jamur shitake 100 gram
jamur chestnut 100 gram
baby kailan 200 gram
cabai merah 1 buah
daun bawang 6 helai
daun ketumbar 1 ikat
STEPS

1.

Isi panci besar dengan 1 liter air yang baru direbus, masukkan pasta miso dan aduk. Tambahkan jahe segar ukuran 2,5 cm (1 inci) yang sudah diiris halus menjadi seukuran korek api dan bunga lawang, lalu biarkan mendidih dengan api kecil. Sementara itu, masak mie mengikuti instruksi pada kemasan, lalu tiriskan.

2.

Panaskan wajan dengan api yang besar sampai berasap. Lumuri steak dengan sedikit minyak zaitun dan ratakan. Masak selama 2-3 menit di setiap sisi (atau 1-2 menit, untuk daging setengah matang), sampai kecoklatan tapi tetap merah muda di bagian tengahnya. Angkat dan sisihkan.

3.

Tambahkan jamur shitake yang sudah dibelah dua, jamur chestnut yang sudah diiris dan sayuran yang sudah diiris halus ke dalam kaldu miso dan terus didihkan selama 5 menit. Sementara itu, panaskan sisa minyak dalam wajan terpisah dan goreng cabai dan daun bawang yang sudah diiris halus dan tangkai daun ketumbar yang sudah dicincang, hingga cukup melunak.

4.

Iris-iris tipis steak. Bagi mie ke dalam 4 mangkuk dan sendokkan kaldu ke atasnya. Bubuhkan masing-masing dengan irisan steak, campuran cabai dan sisa daun ketumbar. Sajikan segera.